Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

215. Sistem Pemesanan Produk Sepeda Motor Honda Pada PT.Colombo PAL Yogyakarta Berbasis Web


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan dunia teknologi informasi saat ini sudah sedemikian pesat dan merambah keberbagai sisi kehidupan manusia. Perkembangan yang demikian tersebut didukung oleh tersedianya perangkat keras maupun perangkat lunak yang semakin hari semakin canggih kemampuannya.

Teknologi informasi tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan teknologi dalam bidang transportasi. Dunia mulai mengalami perubahan ke arah suatu teknologi informasi yang tepat guna dengan adanya komputer dan internet. Informasi yang disajikan di dunia internet sudah sangat global dan selalu diusahakan on time sehingga waktu update suatu informasi dapat dilakukan dengan cepat. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi internet tidak lagi dimonopoli oleh situs-situs yang sekedar menyajikan layanan informasi. Sekarang ini, banyak situs yang memberikan layanan di bidang perdagangan, perbankan, pemerintahan, dan lainnya.

Istilah yang sering digunakan untuk perdagangan melalui internet adalah e-commerce. E-commerce atau electronic commerce adalah suatu situs yang berhubungan dengan penjualan. Segala sesuatu yang berkaitan dengan penjualan melalui media internet termasuk dalam kategori e-commerce.
Teknologi dalam bidang transportasi telah menghantarkan manusia pada satu tingkat peradaban baru, yaitu peradaban masyarakat dengan tingkat kehidupan yang lebih modren. Salah satu hasil dari penemuan dalam bidang teknologi adalah alat tranportasi yaitu sepeda motor. Seiring dengan perkembangan teknologi, akhirnya mampu memicu terciptanya suatu alat transportasi modren yang mempunyai jangkauan luas serta menawarkan berbagai ragam kemudahan. Sepeda motor yang pada awalnya diciptakan terbatas serta sedikit kemampuan cara kerjanya, sekarang telah mengalami perubahan baik dari segi model dan bentuk. Dalam hal ini disebut sebagai sepeda motor honda.

Di Indonesia sendiri saat ini telah terdapat beragam Dealer atau perusahaan penyedia layanan penjualan sepeda motor, khususnya sepeda motor honda. Dengan hadirnya penyedia layanan penjualan sepeda motor ini akhirnya memicu meningkatnya permintaan akan sepeda motor honda, sehingga akhirnya pihak pembuat sepeda motor honda itu sendiri berminat untuk menghadirkan berbagai merk, tipe dan pelayanan dari produk mereka. Dengan terjadinya proses ini akhirnya jumlah, bentuk dan merk dari sepeda motor di Indonesia meningkat tajam. Memasuki awal tahun 2004, industri sepeda motor di Indonesia tampaknya masih tetap optimistis. Hal ini tercermin dari perkiraan jumlah konsumen tahun ini yang akan naik lebih dari 10 juta konsumen. Meroketnya jumlah konsumen ini juga diimbangi dengan semakin meratanya penyebaran pemakaian sepeda motor diseluruh Indonesia. Bila dilihat didaerah-daerah, sepeda motor sudah menjadi alat transportasi yang demikian populer di masyarakat.

PT. Colombo Pal yang beralamat di Jl. Mentri Supeno No.52 Yogyakarta adalah suatu dealer yang bertujuan untuk mencari laba dari proses penjualan sepeda motor honda, karena semakin banyaknya dealer yang bergerak dibidang yang sama maka pihak PT. Colombo Pal berkeinginan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dengan cara komputerisasi sistem pemesanan sepeda motor secara online lewat internet sehingga pemesanan barang akan lebih mudah tanpa harus datang langsung ke Colombo Pal Yogyakarta.

1.2 Pokok Masalah

Permasalahan utama yang akan dibahas dalam karya tulis ini adalah mengenai Sistem Pemesanan Produk Sepeda Motor Honda Pada PT.Colombo Pal Yogyakarta Berbasis Web.

1.3 Batasan Masalah

Bila dilihat dari semua kegiatan yang ada pada PT. Colombo Pal Yogyakrta begitu banyak dan kompleksnya permasalahan yang dihadapi dalam pengolahan data, maka dalam penyusunan karya tulis ini, penyusun perlu memberikan suatu batasan masalah untuk menghindari atau melampaui batasan yang semestinya dibahas.

Adapun ruang lingkup masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ini hanya terbatas pada sistem pemesanan sepeda motor honda dimana hanya terdapat sistem pembayaran dan pengiriman barang saja, sistem yang dibuat mengabaikan masalah sekuritas pada keamanan sistem pembayaran.

1.4 Tujuan Penulisan Karya Tulis

Tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah untuk membantu mengatasi permasalahan dalam melakukan pengolahan Sistem Pemesanan Produk Sepeda Motor Honda Pada PT.Colombo Pal sehingga dengan bantuan komputer dapat mempermudah masyarakat untuk melihat atau memesan Sepeda Motor Honda yang paling diminati melalui internet, selain itu membantu pihak PT. Colombo Pal dalam mempromosikan produk sepeda motor honda yang dimiliki.

1.5 Metode Pengumpulan Data

Untuk mendukung kelengkapan serta kelancaran dalam penulisan karya tulis ini dilakukan metode pengumpulan data seperti dibawah ini
1. Observasi
Cara ini dirasa sangat efektif digunakan karena secara tidak langsung dapat dilihat sistem atau cara kerja dari obyek penelitian tersebut, namun cara pengumpulan data seperti ini kadang dirasa kurang dalam pengumpulan data, karena data yang didapat hanya melalui pengamatan saja.
2. Wawancara
Data diperoleh dengan melakukan wawancara dengan karyawan dan pemimpin PT. Colombo Pal Yogyakarta.
3. Studi Pustaka
Studi pustaka yaitu dengan mengumpulkan data dan membaca bahan-bahan untuk teori yang diperlukan sebagai landasan dalam penulisan karya tulis ini.

1.6 Sistematika Penulisan

Sistematika yang digunakan dalam penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan diuraikan mengenai latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, tujuan penulisan karya tulis, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
BAB II DASAR TEORI
Dalam bab ini akan dibahas sekilas mengenai e-commerce, internet, TCP/IP, sejarah WWW, HTML, Dasar-dasar Pemrograman PHP, MySQL, Basis Data, Sekilas mengenai PT. Colombo Pal,
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini akan dibahas masalah perancangan sistem yang dibuat, penjelasan sistem serta perancangan berkas yang dibutuhkan dan perencanaan masukan dan rencana keluaran.
BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini dibahas tentang fungsi dari tiap unit yang digunakan dalam aplikasi sistem informasi. Selain itu pada bab ini juga akan memuat tentang cara menjalankan program.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini akan dirangkum kesimpulan dan saran dari pembahasan yang telah disajikan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi