Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

217. Pengolahan Data Billing Internet Ebony Jogjakarta


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Tinjauan Umum

Tiga abad terakhir ini, masing-masing ditandai dengan dominasi teknologi yang berbeda. Abat ke-18 didominasi oleh perkembangan sistem mekanik yang mengiringi Revolusi Industri. Abad ke-19 merupakan jaman uap. Di abad ke-20 ini, teknologi yang memegang peranan kunci adalah pengumpulan, pengolahan, dan distribusi informasi. Teknologi lainnya yang mengalami perkembangan pesat adalah instalasi jaringan telepon yang telah dapat menjangkau seluruh pelosok dunia, penemuan radio dan televisi, penemuan baru dibidang industri komputer, dan peluncuran satelit-satelit komunikasi.

Komputer telah mengalami kemajuan yang pesat dalam waktu yang singkat ini. Dalam dua dasawarsa sejak ditemukannya, sistem komputer sangat tersentralisasi, dan biasanya disimpan didalam sebuah ruang besar. Saat ini, perusahan tingkat menengah atau universitas telah memiliki beberapa lusin komputer sebagai sistem informasi atau sistem pengolahan data.
Sistem pengolahan data telah mengantarkan manusia pada era globalisasi yang maju yang dikenal dengan era modern, berbeda dengan era sebelumnya yang dikenal dengan era agraris.

Pada era globalisasi ini, laju pengolahan data dan terutama komputer sudah merupakan suatu kebutuhan yang mendasar pada segala bidang usaha, dalam keadaan yang seperti inilah sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang tinggi.

Komputer merupakan sarana yang membantu untuk mengatasi keterbatasan kemampuan manusia dalam memecahkan persoalan, seperti keterbatasan dalam hal kecepatan pengolahan data serta kebenaran dalam menyusun laporan dan lain-lain.
Alat bantu yang digunakan sebagai sarana penunjang teknologi pengolahan data saat ini sangatlah beragam dan saling berkait satu sama lain, tetapi perkembangan pengolahan data tidak dapat dipisahkan dari peranan komputer, dengan memanfaatkan teknologi yang ada pada komputer kita dapat memecahkan berbagai masalah yang ada, terutama masalah pengolahan data yang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahan kecil ataupun pengusaha besar.
Kompuetr dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pengolahan data pada suatu warnet. Pada saat ini penulis ingin mengangkat pengolahan Warnet EboNy dengan judul “PENGOLAHAN DATA BILLING INTERNET EBONY”.

Setiap warnet (Warung Internet) baik kecil maupun besar dikendalikan oleh suatu sistem pengolahan data agar dapat memberi pelayana yang baik kepada pengguna warnet. Pelayana yang dikatakan baik apabila dilakukan dengan cepat, misalnya saja warnet EboNy menggunakan billing sebagai sarana bantu agar dapat mempermudah dalam melakukan pengolahan data untuk transaksi pembayaran konsumen dan gaji karyawan

1.2 Latar Belakang Masalah

Hal yang melatar belakangi penulis untuk mengambil Tugas Akhir di Warnet EboNy adalah untuk mengembangkan sistem pengolahan data yang telah ada dengan harapan dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada sistem yang ada pada saat ini. Disamping itu untuk memberi kemudahan bagi pengusaha untuk memperoleh laporan pendapatan, pengeluaran warnet dan perkembangan warnet itu sendiri, selain itu dapat memberikan pengolahan data yang lebih efektif, efesien, lebih inofatif serta mudah digunakan oleh para pegawai warnet sendiri.

Informasi sebagai hasil serangkaian kegiatan pengolahan data sangat berpengaruh pada tepat-tidaknya keputusan yang akan diambil, baik secara individual maupun dalam suatu organisasi. Untuk memenuhi kebutuhan informasi yang cepat, manusia cenderung menggunakan alat bantu pengolahan data yang canggih mengingat kemampuan manusia secara alamiah sangat terbatas. Komputer yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan sumber daya manusia, merupakan salah satu alternatif yang bisa mewujudkan keinginan tersebut.
Dalam hal ini, sesuai dengan permasalahan tentang keterbatasan pengolahan data penulis memcoba mengupas permasalahan itu dengan membuat sistem dengan judul “SISTEM PENGOLAHAN DATA BILLING INTERNET PADA WARNET EboNy”.


1.3 Pokok Permasalahan

Pokok permasalahan yang mendasari dari penulisan Tugas Akhir ini adalah :
1. Cara pengolahan data warnet EboNy, misalnya mengenai gaji pegawai, sewa warnet, laporan pengguna dan lain-lain
2. Mempermudah dalam membuat laporan keuangan untuk disampaikan kepada pemilik warnet.
3. Mempermudah pengguna dalam menggunakan billing untuk melaksanakan transaksi pembayaran.

1.4 Batasan masalah

Berdasarkan pokok permasalahan, pembuatan program di WARNET EboNy serta luasnya permasalahan yang ada, sehingga penulis membatasi masalah pada :
1. Sewa warnet
2. Pegawai Warnet
3. Pembuatan Laporan
4. Pembayaran gaji pegawai
5. Status komputer

1.5 Metode Pengumpulan Data

Dalam Tugas Akhir ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik wawancara, observasi dan studi literature.

1. Wawancara
Wawancara ini dilakukan dengan cara tatap muka langsung dengan personil/karyawan, dan para pengguna warnet, wawancara dilakukan untuk mengetahui dan memperoleh data-data yang diperlukan oleh penulis dalam rangka menyelesaikan tugas akhir ini.
2. Observasi
Observasi dilakukan dengan cara mengamati langsung orang-orang yang sedang melakukan kegiatan meyewa warnet serta pengolahan transaksi pembayaran dilingkungan WARNET EboNy
3. Studi Literatur
Studi Literatur yaitu penulis membaca buku-buku yang berkaitan dengan billing intrnet serta mencari dari situs-situs tentang billing yang banyak terdapat diinternet.

1.6 Sistematika Karya Tulis

Adapun penyusunan sistemmatika karya tulis ini adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab pertama ini merupakan bab pendahulu yang berisi latar belakang masalah, pokok permasalahan, batasan masalah,metode pengumpulan data, dan sistematika penyusunan karya tulis.
BAB II SEKILAS TENTANG BILLING DAN INTERNET
Pada bab kedua ini penulis akan menguraikan tentang Warnet EboNy, internet, billing dan pengertian Delphi 6.0
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab tiga ini, penyusun menguraikan bagaimana sistem pengolahan data yang terbentuk karena adanya input data yang ada, perangkat pendukung seperti, perangkat keras(HardWare), perangkat lunak/applikasi(SoftWare), diagram alir sistem, rancangan tabel, relasi antar tabel, rancangan input dan rancangan output.
BAB IV IMPLEMENTASI PROGRAM
Dalam bab ke empat ini akan diuraikan tentang spesifikasi program dan prosedur pelaksanaan sistem yang meliputi langkah-langkah menjalankan program, pengisian data, mencetak data dan keluar dari program sistem.
BAB V PENUTUP
Dalam bab ini akan diuraikan tentang kesimpulan dan saran
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi