Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

226. Sistem Informasi Pengoahan Data Penjualan Dan Pembelian Alat-Alat Komputer Berbasis Multiuser


BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Tinjauan Umum

Perkembangan teknologi komputer dalam berbagai bidang pada dasa warsa ini telah mengubah pemikiran masyarakat yang beranggapan bahwa teknologi komputer belum diperlukan dan dapat diterapkan sebagai alat penunjang suatu kegiatan manajerial. Dalam perkembangan teknologi komputer memunculkan suatu pemahaman baru akan pentingnya kebutuhan informasi yang cepat dan akurat, sehingga keputusan segera dapat diambil dalam waktu yang relatif singkat.

Dalam era globalisasi ini penggunaan komputer sudah merupakan kebutuhan sangat penting bagi perusahaan atau instansi baik yang besar maupun yang bersekala kecil karena dapat meningkatkan efektifitas kerja. Oleh sebab itu untuk kelancaran kegiatan yang dilakukan dalam perusahaan atau instansi tersebut selain sistem manajemen, diperlukan pula sistem komputer yang baik.

Dengan adanya permasalahan-permasalahan diatas, maka dalam skripsi ini dicoba untuk mengangkat permasalahan tentang Sistem Informasi Pengolahan Data Penjualan dan PembelianAlat-alat komputer Di ACCES Komputer Yogyakarta Berbasis Multiuser.

1.2. Latar Belakang Masalah
Dalam dunia usaha, penanganan data yang cepat dan akurat merupakan bagian yang sangat diharapkan. Karena secara ekonomis dapat memberikan keuntungan seperti halnya dalam penghematan waktu, ketelitian yang tidak bisa diberikan apabila menggunakan tenaga manusia atau secara manual.
Untuk mendukung pelaksanaan pengolahan data tersebut, maka perlu adanya unsur-unsur dalam sistem informasi yang diperlukan, seperti:
a. Adanya alat pengolah
b. Adanya sistem pengolahan

c. Adanya tenaga pelaksana pengolahan data.
Untuk menghadapi permasalahan di ACCES Komputer, khususnya bagian persedian ,Penjualan dan return barang pihak ACCES sangat memerlukan pengolahan data untuk memudahkan pengecekan barang. Dengan adanya stok barang yang bermacam-macam dan jumlah yang sangat banyak tidak cukup bila dikerjakan secara manual, oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi yang mampu menangani permasalahan yang ada.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut maka perlu dibuat sistem yang dapat menjalankan atau mengatur pelayanan barang secara akurat, teliti, disertai dengan ketepatan dan kecepatan pengiriman data yang diperlukan.

1.3. Pokok Masalah
Permasalahan yang di hadapi ACCES Komputer adalah belum adanya sistem informasi terhadap Pembelian ,Penjualan serta Return dari Alat-alat Komputer yang ada di ACCES Komputer Selama ini pengolahan tersebut dilakukan secara manual yang tentunya sangat merepotkan pihak perusahaan sehingga sering terlambatnya penyajian informasi penting yang dibutuhkan.
Oleh sebab itu diperlukan sistem pengolah data berbasis komputer yang benar-benar memadai sehingga mampu menghasilkan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan akurat. Langkah-langkah yang perlu dilaksanakan adalah sebagai berikut:
a. Data diolah dengan tujuan dapat menyajikan informasi setiap saat dengan cepat.
b. Penyajian informasi-informasi tentang data Pembelian ,Penjualan Dan Return barang terutama ditujukan kepada pihak Konsumen ,yang dapat mempermudah dalam pendataan barang.

1.4. Batasan Masalah
Sesuai dengan pokok permasalahan diatas, permasalahan hanya terbatas pada, pembelian barang, penjualan barang, Return barang yang ada di ACCES Komputer :
Beberapa laporan yang dihasilkan adalah:
a. Daftar supplier
b. Data setiap Barang
c. Daftar seluruh barang
d. Daftar barang per merek
e. Daftar persedian barang yang sudah habis/kosong
f. Laporan pembelian barang per faktur
g. Laporan pembelian barang per bulan
h. Laporan Penjualan barang per nota
i. Laporan penjualan barang per bulan
j. Rekapitulasi penjualan barang perbulan
k. Laporan return penjualan per nota
l. Laporan return penjualan per bulan

1.5. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan pembuatan sistem informasi persediaan barang di ACCES Komputer ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan yang lebih efisien, membantu dalam mengolah data sehingga tersusun rapi, terstruktur dan tersimpan dengan baik, sehingga kebutuhan akan informasi dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat sesuai dengan kebutuhan.

1.6. Metode Pengumpulan Data
Untuk mendukung kelengkapan serta kelancaran dalam penyelesaian masalah ini, digunakan metode pengumpulan data sebagai berikut:
a. Wawancara
Data diperoleh dengan melakukan wawancara secara langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan sesuai dengan permasalahan yang ada di ACCES Komputer.
b. Studi Pustaka
Dari studi pustaka yaitu dengan cara mempelajari teori-teori dari literature dan bacaan-bacaan lain yang berhubungan dengan masalah penulis yang hadapi.

1.7. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini berisikan tinjauan umum, latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini berisikan tentang tinjauan umum perusahaan, sistem Penjualan komputer di ACCES Komputer, konsep dasar sistem informasi, operasi data, basis data, entity relationship diagram, bahasa pemrograman, konsep pemrograman multiuser, perancangan masukan dan perancangan keluaran.
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini dijelaskan tentang definisi sistem, sistem perangkat lunak, sistem perangkat keras, diagram arus data, bagan alir sistem, hubungan antar tabel, perancangan masukan, perancangan keluaran dan rancangan tabel.
BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini membahas mengenai spesifikasi program, algoritma pembuatan program Multiuser.
BAB V PENUTUP
Dalam bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran-saran yang berkaitan dengan permasalahan.
DAFTAR PUSTAKA
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi