Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

227. Perancangan Website Portal Informasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati


BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang Masalah

Muhammadiyah adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. Dalam kiprahnya selama ini Muhammadiyah telah banyak membantu mendidik bangsa Indonesia dengan landasan pendidikan Islam. Diantaranya adalah pendidikan umum mulai dari tingkat Taman Kanan-kanak (TK) sampai dengan Perguruan Tinggi.
Masyarakat umum telah banyak mengenal Muhammadiyah sebagai salah satu penyelanggara pendidikan dengan mutu dan kualitas terbaik. Selain pendidikan umum, masyarakat juga mengenal Muhammadiyah sebagai penyelenggara kajian Agama Islam yang aktif dan interaktif.

Begitu juga halnya dengan Muhammadiyah Cabang Kramat Jati, telah banyak masyarakat yang mengenalnya sebagai penyelenggara pendidikan umum, diantaranya Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam penyelenggaraan Kajian Islamnya, masyarakat sekitar banyak yang telah mengetahui jadwalnya, namun masyarakat luas masih belum banyak mengetahui, terkadang dalam menginformasikan jadwal kajian Islam yang ada dilingkungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati, pihak penyelenggara harus membuat spanduk, yang artinya membutuhkan biaya tambahan dalam penyelenggaraannya.

Sedangkan dunia teknologi informasi saat ini semakin berkembang dan maju, dalam penyebaran informasi sangat cepat dan luas. Salah satu media informasi yang efektif adalah internet. Telah diakui banyak kalangan bahwa internet adalah salah satu media informasi yang cukup efektif dan murah dalam hal penyebarluasan informasi, baik dibidang pendidikan maupun dibidang berita.
Untuk menyebarluaskan informasi di internet adalah dengan menggunakan website. Jika Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati memiliki website maka dalam hal penyebaran informasi, baik informasi kegiatan, pendidikan maupun berita aktual seputar kegiatan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati akan lebih mudah dan murah, sehingga masyarakat luas dapat mengetahuinya, bahkan bukan hanya masyarakat sekitar tetapi juga dunia. Sehingga masyarakat luas yang ingin mencari informasi mengenai Muhammadiyah Cabang Kramat Jati dapat dengan mudah mendapatkannya, tak terbatas ruang dan waktu, karena website dapat diakses kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja. Sehingga akan menjadi sebuah prestasi kemajuan yang dapat dibanggakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati di mata masyarakat luas.
Oleh karena itu, dalam penulisan skripsi ini penulis mengambil tema :

PERANCANGAN WEBSITE PORTAL INFORMASI PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH KRAMAT JATI

1.2. Maksud dan Tujuan
Maksud dari penulisan skripsi ini adalah :
1. Memberikan sumbangan pikiran dalam penggunaan sistem komputer, yang ditujukan untuk pencarian informasi yang mempunyai sifat online dalam efisiensi waktu, yaitu dapat diakses dimana saja dan kapan saja dibutuhkan sehingga pihak yang berwenang dan membutuhkan informasi tidak mengalami kesulitan untuk memperolehnya.
2. Kehadiran Website Portal Informasi ini, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi aktual seputar kegiatan-kegiatan di Muhammadiyah, khususnya Muhammadiyah Cabang Kramat Jati Jakarta Timur serta memberikan informasi jadwal kajian agama Islam yang diselengarakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati kepada para anggota dan masyarakat pada umumnya.
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah sebagai untuk mengimplementasikan keilmuan yang didapat selama mengikuti perkuliahan.

1.3. Metode Penelitian
Adapun metode penelitian yang penulis lakukan dalam pembuatan skripsi ini penulis melakukan riset di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati adalah :
1. Metode Observasi
Selama riset penulis melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan oleh staff pengurus harian yang bertugas melaksanakan kegiatan pokok.
2. Wawancara
Penulis melakukan tanya jawab langsung dengan staff pengurus, pegawai dan pimpinan Muhammadiyah Cabang Kramat Jati .
3. Metode Studi Pustaka,
Dengan metode studi pustaka ini penulis, mendapat sumber data dari buku-buku dan makalah-makalah yang berhubungan dengan studi literatur pada buku atau referensi yang berkaitan dengan perancangan website.

1.4. Ruang Lingkup
Perancangan Website Portal Informasi ini memiliki ruang lingkup yaitu membatasi pada proses penginputan berita aktual, jadwal kegiatan, informasi seputar Muhammadiyah Kramat jati untuk masyarakat umum serta forum diskusi untuk anggota yang telah terdaftar.

1.5. Sistematika Penulisan.
Dalam penulisan skripsi ini penulis akan membagi sistematika penulisan dalam empat bab, dimana satu dan yang lainnya saling berhubungan. Adapun sistematika penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan secara umum tentang teknologi, maksud dan tujuan penulisan, ruang lingkup dan sistematika penulisan.

BAB II PEMBAHASAN
Uraian singkat tentang konsep dasar web dari pemrograman PHP dengan basis data MySql dan Unified Modelling Language merupakan pembahasan dari bab ini.
BAB III PERANCANGAN WEB
Berisi tentang objek rancangan program yang akan dibuat, tinjauan organisasi, permasalahan dan alternatif permasalahan, serta Unified Modelling Language (UML) dalam pembuatan “Website Portal Informasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati”. Dalam bab ini juga dibahas mengenai arsitektur dan proses publikasi web yaitu berupa nama domain, kapasitas hosting dan analisa biaya.
BAB IV PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan serta saran-saran yang berhubungan dengan pembangunan program yang dibutuhkan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi