Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

237. Sistem Informasi Jalur Bus Kopata Yogyakarta


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Masalah

Dengan kemajuan teknologi informasi sekarang ini, seakan batas antara ruang dan waktu tidak menjadi penghalang untuk berkomunikasi. Sehingga keterlambatan dalam memanfaatkan tekhnologi informasi, khususnya dibidang komputer akan menyebabkan kemunduran dan keterbelakangan bagi sebuah organisasi/instansi. Hal ini disebabkan oleh keuntungan yang dapat diperoleh dari komputer, karena komputer merupakan alat yang sangat penting untuk sistem informasi yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu masalah.

Kebutuhan akan informasi sangat terasa saat ini, yang mana dihadapkan pada situasi yang penuh dengan persaingan dan mendesak untuk memutuskan suatu kebijakan, agar perjalanan usaha sesuai dengan rencana. Sebagai contoh di Yogyakarta, yang disebut sebagai kota pelajar, tetapi masih banyak mahasiswa yang belum tahu tentang jalur tujuan bus apalagi mahasiswa baru, khusunya jalur bus kota. Hal ini perlu mendapatkan perhatian karena banyaknya mahasiswa/pelajar yang ada di Yogyakarta maupun masyarakat umum yang memanfaatkan jasa bus kota. Berdasarkan alasan tersebut, maka penulis mengangkat permasalahan ini dengan judul “Sistem Informasi Jalur Bus Kopata Yogyakarta” sebagai judul skripsi.


1.2 Pokok Permasalahan

Berdasarkan latar belakang tesebut, penulis ingin membahas permasalahan mengenai peta lokasi jalan di Yogyakarta dan jalur bus kopata Yogyakarta untuk menghasilkan informasi yang cepat, akurat dan dengan tampilan yang menarik.

1.3 Batasan Masalah

Penulisan skripsi ini dibatasi pada informasi jalur bus kota hanya untuk koperasi kopata saja. Dimulai dari terminal bus kota, jalan-jalan yang akan dilewati dan kembali lagi ke terminal.

1.4 Metode Pengumpulan Data

Untuk perancangan software ini dipergunakan suatu metode terstruktur demi kelancaran proses perancangan. Untuk itu penulis menggunakan beberapa metode pelaksanaan, yaitu:
1. Pengumpulan Data
a. Studi Pustaka, yaitu pengumpulan data dengan cara membaca buku-buku referensi tentang Flash MX dan aplikasinya serta peta Yogyakarta.
b. Observasi, yaitu pengumpulan data dengan melakukan pengamatan secara langsung pada objek yang akan diteliti.
2. Analisis Sistem
Menganalisa kebutuhan-kebutuhan sistem dan aturan-aturan yang akan digunakan dalam perancangan sistem.
3. Pengkodean.
Berdasarkan rancangan sistem yang ada, dikodekan dengan bahasa pemrograman Macromedia FlashMX ActionScript.

1.5 Tujuan Penulisan

Tujuan Penulisan skripsi yang berjudul “Sistem Informasi Jalur Bus Kopata Yogyakarta” ini adalah:
1 Memberikan informasi mengenai jalur bus kota untuk koperasi kopata Yogyakarta demi mempermudah calon penumpang bus kota.
2 Menerapkan bahasa pemrograman FlashMX untuk mengimplementasikan pelayanan dalam bentuk program yang dapat dieksekusi komputer, agar informasi tentang jalur bus kopata bisa diperoleh dengan cepat, dan
3 Sebagai salah satu acuan atau bahan perbandingan bagi para peneliti, mahasiswa atau pemrogram yang ingin mengembangkan metode atau algoritma lain untuk membuat sebuah sistem informasi.

1.6 Sitematika Penulisan

Untuk mempermudah pemahaman isi skripsi ini, maka penulis menyajikannya dalam 6 bab berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Membahas tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, metode pengumpulan data, tujuan dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Berisi ulasan singkat tentang FlashMX, definisi, fitur-fitur flash, dan tehnik penulisan Action Script
BAB III TINJAUAN UMUM
Membahas tentang sejarah koperasi, tujuan, dan struktur organisasi
BAB IV ANALISIS SISTEM
Membahas tentang analisis sistem, menganalisis kebutuhan aplikasi dan melakukan studi kelayakan aplikasi berbasis multimedia.
BAB V PERANCANGAN DAN PEMBAHASAN
Membahas tentang elemen-elemen penyusun sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak. Membahas proses implementasi pencarian jalur tersingkat dengan FashMX dalam bentuk aplikasi dan cara pemakaian aplikasi tersebut.
BAB VI PENUTUP
Berisi kesimpulan penulisan skripsi dan saran-saran dalam pemakaian program dan pengembangannya.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi