Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

238. Sistem Informasi Kendaraan Bermotor


BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang Masalah
Di masa sekarang ini, dimana perkembangan teknologi berkembang demikian pesatnya sehingga hampir semua aspek kehidupan ikut terkontaminasi dan kebutuhan akan informasipun meningkat. Jenis informasi itu sendiri bisa bermacam-macam, mulai informasi mengenai keadaan suatu wilayah, informasi mengenai bidang ilmu tertentu dan lain sebagainya. Namun jelasnya informasi yang dibutuhkan saat ini yaitu informasi yang bersifat jelas, tepat dan akurat. Sedangkan metode penyampaiannya sendiri sudah amat beragam.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, maupun Medan seringkali dijumpai beraneka ragam kendaraan berlalu-lalang di jalan raya, baik itu kendaraan bermotor maupun kendaraan tidak bermotor. Kalau seandainya kendaraan-kendaraan tersebut tidak diatur sedemikian rupa dalam pemakaian jalan raya, maka akan memicu terjadinya kemacetan. Terkadang kemacetan itu dapat ditimbulkan oleh karena jumlah kendaraan yang melewati suatu jalan terlalu padat, sehingga daya tampung jalan tidak memadai untuk jumlah kendaraan yang berlalu-lalang. Namun kemacetan juga dapat disebabkan oleh adanya ketidak tertiban para pemakai jalan itu sendiri.

Timbulnya ketidak tertiban para pengguna jalan raya bisa saja disebabkan memang pengguna jalan raya tersebut merasa tidak sabar dengan suasana yang ramai atau bisa juga disebabkan karena ketidak tahuan para pengguna jalan raya akan peraturan dan perundangan yang harus mereka patuhi dalam menggunakan jalan raya. Padahal kalau semua pengguna jalan raya mengetahui dan mematuhi Peraturan dan Perundangan Lalu-lintas di Jalan Raya, maka tidak akan terjadi kemacetan.

Berdasarkan permasalahan di atas, maka alangkah baiknya jika para pengguna jalan raya khususnya para pengguna kendaraan bermotor mengetahui dan memahami informasi tentang peraturan di jalan raya.
Dikarenakan masih kurangnya pusat informasi yang menginformasikan mengenai peraturan berkendaraan di jalan raya, maka alangkah baiknya jika dibuat sebuah aplikasi yang menyediakan informasi mengenai kendaraan bermotor dan peraturan perundangan lalu lintas di jalan raya yang dapat digunakan oleh masyarakat umum dan pengguna kendaraan bermotor khususnya. Selain dapat membantu masyarakat dalam mencari informasi mengenai peraturan perundangan berlalu-lintas di jalan raya, aplikasi ini juga dapat membantu Dinas Lalu-Lintas Angkutan Jalan dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

1.2. Pokok Permasalahan
Adapun pokok permasalahan dibuatnya SISTEM INFORMASI KENDARAAN BERMOTOR DAN PERATURAN PERUNDANGAN LALU-LINTAS LLAJ dikarenakan masih kurangnya informasi yang dapat di akses oleh masyarakat umum mengenai peraturan dan perundangan lalu-lintas di jalan. Satu-satunya tempat yang bisa didatangi jika membutuhkan informasi lengkap mengenai peraturan perundangan lalu lintas di jalan raya hanya Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) dan Kantor Polisi terdekat, itupun membutuhkan prosedur yang cukup lama, karena metode penyampaian informasinya masih bersifat manual.


1.3. Batasan Masalah
Karena begitu kompleksnya permasalahan mengenai kendaraan bermotor dan peraturan perundangan berlalu-lintas di jalan, maka pada karya tulis ini hanya dibatasi sebagai berikut:
1. Informasi mengenai jenis-jenis kendaraan bermotor angkutan darat.
2. Informasi mengenai peraturan dan perundangan berlalu lintas di jalan raya yang berhubungan dengan keberadaan kendaraan bermotor angkutan darat saja di jalan raya.

1.4. Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan dari pembuatan karya tulis yang berjudul SISTEM INFORMASI KENDARAAN BERMOTOR DAN PERATURAN PERUNDANGAN LALU-LINTAS LLAJ adalah agar masyarakat dapat lebih mudah dalam mencari informasi mengenai kendaraan bermotor angkutan darat dan peraturan perundangan berlalu-lintas di jalan raya. Selain itu agar pihak Dinas Lalu-Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) dapat lebih mudah menyampaikan informasinya kepada masyarakat, dengan demikian dapat lebih menghemat waktu dan tenaga jika dibandingkan dilakukan dengan cara manual.

1.5. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam menyusun karya tulis berjudul SISTEM INFORMASI KENDARAAN BERMOTOR DAN PERATURAN PERUNDANGAN LALU-LINTAS LLAJ adalah:
1. Metode Interview / wawancara
Adalah pengumpulan data dengan cara mengajukan dan wawancara langsung dengan yang bersangkutan dengan pihak Dinas Lalu-Lintas Angkutan Jalan dan pengguna kendaraan bermotor angkutan darat sebagai pihak pengguna jalan raya.
2. Metode Observasi
Adalah metode pengumpulan data dengan cara mengamati dan mempelajari tentang jenis-jenis kendaraan bermotor dan peraturan perundangan berlalu-lintas di jalan raya.
3. Metode Dokumentasi
Adalah metode pengumpulan data dengan cara melihat catatan atau arsip-arsip yang ada di Dinas Lalu-Lintas Angkutan Jalan.

1.6. Sistematika Penulisan Karya Tulis
Adapun sistematika penulisan karya tulis ini meliputi beberapa hal sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini akan menguraikan tentang latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan karya tulis.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini akan menguraikan tentang jenis-jenis kendaraan bermotor, perlengkapan kendaraan bermotor, pengujian layak pakai kendaraan bermotor, landasan hukum tentang kendaraan dan pengemudi kendaraan bermotor angkutan darat dan peraturan perundangan belalu lintas di jalan.
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Pada bab ini akan menguraikan konsep perancangan sistem basis data yang dibuat, penjelasan sistem, penjelasan struktur tabel yang digunakan, relasi antar tabel, diagram alir sistem dan penjelasan, serta perancangan masukan dan keluaran.
BAB IV MENJALANKAN PROGRAM
Meliputi penjelasan dan inplementasi program. Fungsi tiap unit yang ada dan bagaimana cara menajalankan program tersebut. Selain itu sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan.
BAB V PENUTUP
Meliputi kesimpulan dan saran bagi pengembangan program SISTEM INFORMASI KENDARAAN BERMOTOR DAN PERATURAN PERUNDANGAN LALU-LINTAS LLAJ.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi