Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

249. Sistem Informasi Pengolahan Data Peminjaman Dan Pengembalian Buku Pada Perpustakan Umum


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Dengan semangkin berkembangnya ilmu dan teknologi informasi, maka sangat diperlukan sarana yang dapat menunjang dan mengikuti arah langkah perkembangan teknologi informasi. Sebagaimana diketahui untuk melaksanakan sarana dan prasarana informasi demi melancarkan proses belajar yang dinamis, kemampuan mengelola atau mempergunakan perpustakaan dengan baik, merupakan prestasi seseorang yang paling berharga.

Haruslah disadari bahwa perpustakaan mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan sepanjang masa yang akan berkualitas dan berkuantitas dari koleksi perpustakaan yang mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi. Perpustakaan merupakan pusat pelayanan yang mengukuhkan berbagai jenis bahan pustaka yang dipilih dengan seksama mengenai suatu ilmu dan teknologi. Setiap perpustakaan perlu diatur dengan sistem agar dapat memberi pelayanan yang baik kepada pengguna, seperti halnya setiap pengguna menginginkan pelayanan dan fasilitas yang baik dari setiap perpustakaan yang ada.

Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang melayani masyarakat umum tanpa ada perbedaan golongan masyarakat, isi dari koleksi perpustakaan adalah segalah macam subjek yang menjadi kebutuhan semua golongan umum. Jenis perpustakaan sendiri mencangkup dari perpustakaan Nasional, perpustakaan daerah, perpustakaan tingkat kabupaten, perpustakaan tingkat kecamatan, perpustakaan tingkat desa, perpustakaan keliling, dan sebagainya.

Untuk membantu para pustakawan dalam meningkatkan pelayanannya maka dirancanglah sebuah aplikasi yang berjudul Sistem Informasi pengolahan data peminjaman dan pengembalian buku. Aplikasi ini khusus dirancang untuk digunakan pada Perpustakaan Umum Pangkal Pinang Bangka.

1.2 Pokok Masalah
Pokok masalah yang merupakan alasan agar pengolahan data buku pada Perpustakaan Umum Pangkal Pinang Bangka di komputerisasikan, adalah guna meningkatkan kecepatan dan efisiensi dalam proses pengolahan data dan pelayanan pencarian informasi yang dibutuhkan, di samping itu dengan adanya aplikasi komputerisasi ini penyajian laporan juga dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

1.3 Batasan Masalah
Komputerisasi Pengolahan Data Buku di Perpustakaan Umum kota Pangkal Pinang Bangka hanya terbatas pada permasalahan berikut :
1. Proses transaksi peminjaman dan pengembalian buku di Perpustakaan Umum kota Pangkal Pinang Bangka.
2. Informasi mengenai koleksi buku dan anggota Perpustakaan Umum kota Pangkal Pinang Bangka.

1.4 Tujuan Karya Tulis
Dengan adanya Sistem Informasi Pengolahan Data Peminjaman dan Pengembalian Buku Pada Perpustakaan Umum Kota Pangka Pinang, diharapkan dapat membantu petugas/pustakawan di Perpustakaan Umum Kota Pangka Pinang Bangka, dalam melakukan proses inventarisasi dan peminjaman buku, pengembalian buku serta penyediaan informasi bagi anggota yang membutuhkannya sehingga pelayanan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

1.5 Metode Pengumpulan data
Dalam pelaksanaan penulisan karya tulis ini digunakan beberapa metode untuk pengumpulan data, untuk mendapatkan data tersebut diperlukan :
1. Studi kepustakaan
Merupakan metode pengumpulan data dengan cara mempelajari literature dan buku-buku yang berhubungan dengan penelitian..
2. Wawancara
Yaitu dengan proses interaksi dan komunikasi untuk mendapatkan informasi dengan cara bertanya langsung kepada Kepala dan Karyawan perpustakaan umum kota Pangkal Pinang
3. Observasi
Yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengolahan data .

1.6 Sistematikan Penulisan
Sistematika pembahasan karya tulis Sistem Informasi pengolahan data perpustakaan adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai latar belakang permasalahan, pokok permasalahan, batasan permasalahan, Tujuan karya tulis, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan

BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai pengertian perpustakaan dan bagaimana operasi pelayanan yang dilakukan di Perpustakaan Umum Kota Pangka Pinang Bangka.

BAB III RANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai perangkat pendukung, perancangan database dan sistem, serta Rancangan masukan program dan Rancangan keluaran program.

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini akan dibahas tentang fungsi dari tiap unit program, serta bagaimana cara kerja dari program.

BAB V PENUTUP
Dalam bab ini akan dijelaskan kesimpulan dan saran dari hasil pembahasan dan implementasi yang telah disajikan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi