Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

250. Sistem Informasi Pengolahan Sawit Di PTP N VII (Persero) Bengkulu


BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Sejalan dengan kemajuan teknologi dewasa ini, maka kebutuhan akan suatau aplikasi yang dapat menjawab semua tantangan menjadi suatu yang vital dan tidak kalah dengan kemajuan teknologi. Perpaduan akan keduanya membuat yang dulunya mustahil kini menjadi sesuatu yang nyata, orang bisa berkomunikasi tampa mengenal ruang dan waktu, kapan dan dimana saja.
Setiap ada pemasukan diharapkan adanya keluarannya, sesuatu yang dimasukan merupakan input, dan output merupakan hasil dari masukkan tersebut. Hasil disini diharapkan mempunyai nilai yang bermamfaat bagi yang menerimanya, untuk berbagai pihak.

Kemudian hasil yang diharapkan tadi menimbulkan cara untuk mencari solusi yang tepat supaya hasil-hasilnya bermamfaat bagi semua yang membutuhkan serta efektif dan efisien.

Hal tersebut tidak terjadi begitu saja akan tetapi melalui suatu proses yang sangat panjang menuju tingkat yang lebih baik, orang yang ingin maju tentu akan mengikuti atau paling tidak mengetahui apa yang ada disekitarnya, dan apa menjadi kecenderungan dunia. Dengan begitu mereka bisa menyerap hal-hal yang berguna dan yakin akan apa yang mereka lakukan.

Melihat kebutuhan akan informasi yang semakin beragam tidak salah kalau diupayakan bagaimana informasi yang disampaikan dan dapat bermamfaat bagi si pemakai. Upayakan yang dimaksud disini menyangkut kinerja dalam pengadaan informasi meliputi pengumpulan data hingga data tersebut dimamfaatkan yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat.

Dalam hal ini PTP N VII ( PERSERO) BENGKULU mempunyai kebutuhan informasi tentang pengolahan sawit, baik dalam pemenuhan bahan baku, proses produksi, penjualan produk jadi, dan pengiriman produk yang telah dijual kepada konsumen, untuk itu diperlukan suatu sistem atau program data base pengolahan atau produksi terutama dalam pengolahan biaya-biaya yang digunakan untuk proses produksi sawit sehingga menjadi produk jadi atau setengah jadi yang terpadu. Sehingga menghasilkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat.

1.2. Pokok Masalah
Dengan permasalahan yang telah dijelaskan dalam latar belakang masalah, maka pokok permasalahan tentang pengolahan sawit agar menjadi produk jadi atau setengah jadi berupa minyak sawit dan inti sawit yang semakin banyak dan komplek, terutama permasalahan pengolahan biaya-biaya yang digunakan untuk proses pruduksi maupun pemasaran hasil produksi.

Pengawasan terhadap produksi sawit terutama mengenai perhitungan biaya-biaya yang dikorbankan untuk proses produksi terkadang menjenuhkan, jika dilakukan dengan cara konvensional atau manual karena data harus dicatat atau diproses berulang kali dalam penyusunan laporan. Dengan harus dicatatnya berulang kali, kadang-kadang suatu laporan atau informasi terlambat disajikan. Dengan keadaan tetap seperti itu maka PTP N VII (Persero) Bengkulu menghadapi suatu masalah tentang pencatatan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi setiap saat, untuk itu PTP N VII (Persero) bengkulu memerlukan suatu aplikasi pemograman pencatatan pengolahan sawit mulai dari penyediaan bahan baku sampai penjualan produk jadi. Untuk kelancaran dan kemudahan mendapatkan informasi secar cepat, tepat, dan lengkap tampa harus melakukan pencatatan berulang-ulang dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

1.3. Batasan Masalah
Mengingat luas permasalahan dalam bidang produksi maka mendorong penulis untuk membatasi permasalahan yang dibahas mengenai sistem informasi pengolahan sawit, terutama didalam sistem pengolahan yang begitu banyak mengorbankan biaya-biaya.
Informasi-informasi yang dihasilkan diantaranya :
1. Laporan Jenis Bahan
2. Laporan Bahan Masuk Per Bulan
3. Laporan Bahan Masuk Per Periode
4. Laporan Produksi Per Bulan
5. Laporan Produksi Per Periode
6. Laporan Hasil Produk
7. Laporan Hasil Produk Per Produksi
8. Laporan Biaya Produksi Perjenis
9. Laporan Penjualan Per Bulan
10. Laporan Penjualan Per Periode
11. Laporan Pengiriman Per Bulan
12. Laporan Pengiriman Per Periode
13. Laporan Harga Pokok Penjualan

1.4. Tujuan dan Mamfaat Penelitian
1.4.1 Tujuan Penelitian
Tujuan dari dilaksanakannya penelitian pada PTP N VII (Persero) Bengkulu adalah untuk :
1. Mengetahui seberapa besar bahan baku yang digunakan untuk proses produksi dalam periode tertentu.
2. Mengetahui seberapa besar biaya-biaya yang digunakan untuk memproduksi sawit sehingga menjadi minyak sawit dan dan inti sawit dalam periode tertentu.
3. Mengetahui seberapa banyak, minyak sawit dan inti minyak yang dihasilkan dari proses produksi dalam periode tertentu.
4. Mengetahui seberapa banyak minyak sawit dan inti sawit yang dijual dalam periode tertentu.
1.4.2 Mamfaat Penelitian
Dapat menambah wawasan dan pengetahuan penulis sehingga dapat beguna kedalam dunia kerja yang akan datang.

1.5. Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh informasi yang akurat, maka penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data yang dapat menyajikan informasi yang di butuhkan.
Adapun metode yang di gunakan oleh penulis antara lain :
1. Metode Pengamatan (observasi)
Melalui metode ini, penulis melakukan pengamatan secara langsung kegiatan yang ada pada PTPN VII (persero) khususnya dalam pengolahan sawit.
2. Metode wawancara (interview)
Melalui metode ini, penulis dapat mengumpulkan data dengan berdialog dan tanya jawab secara langsung dengan para staff dan karyawan yang bersangkutan.
3. Metode kepustakaan
Yaitu dengan memanfaatkan referensi dan literatur yang berhubungan dengan karya tulis ini.

1.6. Sitematika Penulisan.
Untuk mempermudah memahami laporan tugas akhir ini, maka penulis akan mencoba menguraikan gambaran secara umum dan singkat dalam sistematika:
BAB I Pendahuluan
Dalam bab ini, penulis menguraikan mengenai latar belakang penulisan judul, pokok masalah, batasan masalah, tujuan dan mamfaat penelitian, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
BAB II Informasi Pengolahan Sawit di PTPN VII (persero)
Dalam bab ini, penulis akan menguraikan mengenai tinjauan umum dan pengolahan data transaksi, bahan baku, bahan masuk, jenis biaya produksi, biaya produksi, produksi, produk, penjualan dan pengiriman produk yang sudah di jual pada PTPN VII (persero) Bengkulu.
BAB III Perancangan Sistem.
Dalam bab ini, penulis akan menguraikan mengenai perancangan tabel basis data, relasi antar tabel, diagram alir sistem, perancangan masukan (input) dan perancangan keluaran (output).
BAB IV Implementasi dan Pembahasan.
Dalam bab ini, penulis akan menguraikan mengenai spesikasi dan implementasi program.

BAB V Penutup.
Dalam bab ini, penulis akan menguraikan mengenai kesimpulan dan saran dari pembahasan yang telah di sajikan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi