Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

258. Sistem Informasi Perguruan Tinggi di Yogyakarta


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Tinjauan Umum
Melihat perkembangan informasi dewasa ini, kebutuhan informasi sekarang memperlihatkan gejala yang meningkat, sehingga perlu mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan prinsip hemat waktu, tepat guna, tepat sasaran dan dapat dipercaya. Untuk itu harus selalu mengikuti perkembangan informasi dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan sistem pengolahan data dengan menggunakan teknik yang sudah ada agar dalam pengolahan data nantinya akan lebih mudah dan cepat. Tersedianya data yang makin banyak dan kompleks, merupakan pendorong untuk mencari dan mewujudkan sistem baru agar tiap pengendalian maupun pengolahan data menghasilkan informasi yang baik. Dalam suatu sistem informasi terdapat tiga komponen dasar yang meliputi:
1. Data
2. Pengolah data
3. Hasil akhir (informasi)
Selain komponen-komponen di atas dalam pelaksanaan pengolahan data dibutuhkan sarana penunjang lainnya guna terlaksananya proses pengolahan data. Selain sarana yang berupa peralatan tertentu juga dibutuhkan sumber daya manusia yang ahli untuk mengerjakan proses pengolahan data. Sarana yang dibutuhkan terdiri atas:
1. Peralatan pengolahan data
2. Adanya sistem pengolahan data yang sesuai dan memadai
3. Adanya tenaga pelaksana (sumber daya manusia) yang ahli)

1.2 Latar Belakang Masalah
Melihat perkembangan Perguruan Tinggi dan kebutuhan akan pendidikan semakin tinggi di yogyakarta ini dapat dilihat dari animo masyarakat baik dari dalam lingkungan yogyakarta maupun lingkungan di luar yogyakarta yang setiap tahunnya semakin bertambah. Keadaan ini dapat dilihat semakin banyaknya bermunculan Perguruan Tinggi yang baru dan perkembangan yang dilakukan perguruaan – perguruaan tinggi yang telah ada sejak lama.

Dimmana semakin banyaknya pilihan ynag disesuaikan dengan kemajuan-kemajuan tehnologi masa kini, mulai dari jurusan serta pilihan akan lingkungan yang cocok serta strategis dalam pencapaian pendidikan yang lebih baik. Di hadapkan akan tuntutan pilihan yang terbaik yang bagi sebagian orang mungkin sudah mendapatkan akan informasi tersebut dan sebagian lagi belum mengerti akan informasi yang akan dicari khususnya bagi calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan study di yogyakarta. Akan semakin sulit dapat pemiliha, disamping banyaknya pilihan seperti Universitas atau Perguruan Tinggi dan juga tempat tinggal yang layak baik dari segi ekonomis maupun dari segi kelayakan.

Kompleksnya permasalahan yang dihadapi bagi para calon mahasiwa baru, maka dibuatlah suatu sistem innformasi yang bisa menangani permasalahan yang dihadapi yang mana dapat memberikan informasi yang lebih jelas dan lebih akurat daam pencarian informasi akan Universitas atau Perguruan Tinggi maupun tempat tinggal atau lebih di kenal dengan kos-kosan., kebutuhan informasi sekarang memperlihatkan gejala yang meningkat, sehingga perlu mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan prinsip hemat waktu, tepat guna, tepat sasaran dan dapat dipercaya. Untuk itu, maka di buat pengendalian maupun pengolahan data menghasilkan informasi yang baik. Dalam suatu Sistem Informasi Perguruan Tinggi Untuk calon mahasiswa Baru.

1.3 Pokok Masalah
Sistem pengolahan data Sistem Informasi Perguruan Tinggi Di Yogyakarta, diantaranya:
1. Kurangnya efisien waktu yang dibutuhkan sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam pengolahan data yang dihasilkan
2. Seringnya terjadi kesalahan yang mengakibatkan dalam pemilhan kampus atau universitas yang baik sesuai dengan harapan.
3. Kesulitan dalam pencarian data

1.4 Batasan Masalah
Batasan permasalahan pada Sistem Informasi Perguruan Tinggi Di Yogyakarta ini, adalah tentang data Informasi kos, Informasi perguruan, tinggi dan infomasi peluang kerja yang ditawarkan sesuai dengan fakultas.

1.5 Maksud Dan Tujuan
\ Maksud dan tujuan laporan Tugas akhir dengan judul “Informasi Perguruan Tinggi Di Yogyakarta” ini untuk membantu menyelesaikan permasalahan pengolahan data di yogyakarta dalam pencarian Informasi data universitas serta kos yang ada disekitar kampus, dengan memanfaatkan komputer sebagai media pengolahan data sehingga mendapatkan informasi yang cepat dan akurat
1.6 Metode Pengumpulan Data
Untuk membantu kelancaran dalam penyusunan karya tulis ini diperlukan data. Adapun data tersebut diperoleh dengan menggunakan beberapa metode antara lain:

1. Wawancara
Yaitu data yang diperoleh langsung terjun ke lokasi dan melakukan tanya jawab dengan mahasiswa yang melakukan studi di yogyakarta..
2. Observasi
Yaitu pengumpulan data dengan cara penelitian bentuk format laporan yang ada.
3. Studi kepustakaan
Yaitu pengumpulan data dari membaca brosur serta selebaran baik itu informasi tentang data universitas yang ada serta data kos yang tersedia..

1.7 Sistematika Penulisan
Secara garis besar, karya tulis ini dibagi menjadi beberapa bab yaitu:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini diuraikan mengenai tujuan umum, latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan penelitian, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini diuraikan tentang sejarah yang diwarnai dengan kemajuan tehnologi berbagai bidang yang dicapai oleh umat manusia yang bertujuan menyebarluaskan informasi dan tehnologi dikalangan masyarakat Indonesia melaui usaha pendidikan yang sistimatik. Agar lembaga lembaga pendidikan yang telah ada akan dapat lebih cepat dalam penginformasian tentang data dari universitas itu sendiri, tahap pengolahan data dan tahap pembuatan laporan.
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini berisikan sistem perangkat lunak, sistem perangkat keras, bagan alir, perancangan tabel, perancangan masukan dan perancangan keluaran.
BAB IV MENJALANKAN PROGRAM
Dalam bab ini diuraikan tentang cara menjalankan program, pengisian data, pengendalian data, penghapusan data, menampilkan dan mencetak data.
BAB V PENUTUP
Dalam bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi