Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

257. Sistem Informasi Penyewaan Vcd Di DJ Vcd Yogyakarta


BAB I
PENDAHULUAN



I. 1. Latar Belakang Masalah
Penyajian informasi secara manual masih banyak dilakukan, hal ini terasa sangat tidak efisien, padahal kemajuan teknologi menuntut manusia untuk menangani suatu masalah secara cepat dan tepat.

Semakin dituntutnya suatu penanganan masalah yang sempurna mendorong manusia untuk melakukan yang terbaik agar dapat menghasilkan yang terbaik pula. Tapi tidaklah mudah untuk dilakukan tanpa alat bantu yang mendukung dimana untuk penyajian informasi secara manual masih banyak dilakukan, termasuk seperti yang dialami oleh penyewaan VCD (Video Compact Disk) di DJ VCD Yogyakarta, yang karena merasa dipacu oleh perkembangan yang lebih pesat maka perlu meningkatkan pelayanan yang lebih baik, dimana hal ini dirasa sangat tidak efisien.

Untuk meningkatkan pelayanan inilah dibutuhkan sumber daya yang berkualitas yaitu dengan meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja. Salah satu sarana atau alat yang dapat digunakan agar tuntutan tersebut terpenuhi adalah dengan memakai peralatan komputer. Karena pada saat ini komputer telah dipercayakan sebagai alat bantu bagi manusia dalam menjalankan tugasnya.
Dengan bantuan komputer informasi yang disajikan dalam ketepatan dan kecepatan serta daya tahan yang dimilikinya, maka kegiatan manusia dapat diatasi dan sebagai alat bantu.

I. 2. Pokok Masalah
Yang menjadi pokok permasalahan dalam penyewaan VCD ini adalah bagaimana membuat suatu aplikasi komputer yang dapat menyajikan suatu sistem informasi pelayanan penyewaan VCD agar dalam pelayanannya dapat menghemat waktu dan tenaga.

I. 3. Batasan Masalah
Karena sangat luasnya permasalahan dalam menentukan topik tentang bagian penyewaan VCD maka tugas akhir ini hanya mengambil bagian penyewaannya dimana selama ini masih dikerjakan secara manual menjadi sistem kerja berbasis komputer. Untuk bagian transaksi hanya diambil pada transaksi peminjamannya saja, tidak pada transaksi keuangannya.

I. 4. Metode Pengamatan
Metode pengamatan yang digunakan dalam menggali, memperoleh dan mengumpulkan data-data yang diperlukan pada penyusunan karya tulis ini adalah yang pertama dengan mengadakan pengamatan pendahuluan tentang berbagai hal yang berhubungan dengan permasalahan, mengumpulkan data yang akan digunakan dengan memakai metode observasi, yaitu suatu cara untuk memperolah informasi dengan mengamati obyek secara langsung yang kemudian dilakukan pencatatan pada data yang telah diperoleh secara sistematis serta beberapa wawancara dengan karyawan yang bersangkutan mengenai hal-hal yang bersifat teknis baik yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan operasional sehari-hari.
Kemudian langkah selanjutnya setelah semua data dan informasi yang diperlukan telah terkumpul adalah :
1. Mempelajari bentuk format isian dari setiap masukan yang perlu diproses.
2. Mempelajari spesifikasi format masukan data dan format keluaran yaitu laporan-laporan yang diperlukan.
3. Merumuskan dan menyusun struktur data yang telah diperoleh pada kegiatan yang telah dilakukan untuk kemudian dikembangkan dan atau ditingkatkan menjadi struktur data yang terorganisir dalam sebuah sistem basis data yang akan memberikan kemudahan, efisiensi dan efektifitas dalam pemrograman sistem dan keluaran informasi yang akan dihasilkan.
4. Menyusun perangkat lunak atas sistem database diatas yang akan berfungsi sebagai sarana pengolahan data sekaligus penyaji informasi yang diperlukan.
5. Melakukan uji coba terhadap perangkat lunak yang telah dibuat agar diperoleh kesesuaian antara masukan dan keluaran informasi.
6. Penyusun laporan karya tulis dan pedoman pelaksana sebagai bahan referensi, pembahasan masalah, kesimpulan penelitian dan pemecahan masalah serta petunjuk pengoperasian dari perangkat lunak tersebut.

I. 5. Sistematika Karya Tulis
Adapun sistematika penyusunan karya tulis ini terdiri atas beberapa bab atau sub pokok pembahasan permasalahan sebagai berikut :
BAB I. PENDAHULUAN
Dalam bab pendahuluan ini akan dijelaskan mengenai latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, metode pengamatan dan sistematika karya tulis.
BAB II. TINJAUAN UMUM PENYEWAAN VCD DI DJ VCD YOGYAKARTA
Bab ini menjelaskan mengenai tinjauan umum penyewaan dan prosedur peminjaman VCD secara manual.
BAB III. PERANCANGAN SISTEM
Bab ini menguraikan tentang perencanaan diagram alir sistem, penjelasan sistem, struktur database, perencanaan output atau keluaran atau yang sering disebut dengan laporan serta perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan program aplikasi.
BAB IV. PELAKSANAAN SISTEM
Bab ini menjelaskan tentang pelaksanaan sistem dan program serta prosedur yang digunakan untuk menjalankan sistem operasi tersebut..
BAB IV. PENUTUP
Pada bab ini diuraikan mengenai kesimpulan dan saran-saran dari penulis setelah selesai membuat karya tulis ini.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi