Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

306. Penghitungan Kuat Arus, Hambatan dan Tegangan dalam Rangkaian Listrik


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Rangkaian listrik adalah suatu bentuk rangkaian yang disusun oleh beberapa komponen (elemen) listrik yang terhubung satu sama lain. Secara umum, rangkaian listrik terbagi atas 2 macam, yaitu rangkaian listrik terbuka dan rangkaian listrik tertutup. Rangkaian listrik terbuka merupakan suatu bentuk rangkaian listrik dimana arus tidak dapat mengalir dalam rangkaian karena ada bagian dalam rangkaian yang tidak terhubung atau dihubungkan dengan komponen pemutus arus seperti saklar. Sedangkan rangkaian listrik tertutup merupakan rangkaian listrik yang terdapat aliran arus di dalamnya. Besar kuat arus dan tegangan dari masing – masing elemen dalam rangkaian listrik tertutup dapat dihitung dengan cara mencari total hambatan (hambatan pengganti) dari elemen – elemen dalam rangkaian. Setelah didapat besar hambatan total rangkaian, kita dapat mencari kuat arus di masing-masing elemen. Setelah mendapatkan kuat arus di masing-masing elemen, kita dapat menghitung besar tegangan dengan mengalikan kuat arus dan besar hambatan.

Penulis memilih topik perangkat lunak penghitungan ini karena penulis ingin merancang suatu perangkat lunak yang mampu melakukan penghitungan kuat arus, hambatan dan tegangan dalam suatu rangkaian listrik tertutup secara otomatis. Perangkat lunak juga akan melakukan penggambaran struktur rangkaian listrik dan penghitungan besar hambatan total dan kuat arus total serta tegangan dan kuat arus pada masing – masing elemen resistor yang terdapat di dalam rangkaian, sehingga tidak diperlukan penghitungan secara manual yang memakan waktu. Perangkat lunak ini juga membantu pembelajaran penghitungan kuat arus, hambatan dan tegangan elemen dalam suatu rangkaian listrik tertutup, karena perangkat lunak mampu menunjukkan cara penghitungan hambatan pengganti, kuat arus dan tegangan secara tahap demi tahap.
Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk merancang suatu perangkat lunak yang mampu untuk menghitung besar kuat arus elemen, hambatan pengganti dan tegangan elemen dalam rangkaian listrik tertutup.

1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka yang menjadi permasalahan adalah bagaimana :
1. Menggambarkan rangkaian listrik.
2. Membuat suatu perangkat lunak untuk menghitung besar kuat arus elemen, hambatan pengganti dan tegangan elemen dalam rangkaian listrik dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.

1.3 Tujuan dan Manfaat Penulisan
Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak yang mampu menghitung besar kuat arus elemen, hambatan pengganti dan tegangan elemen dalam rangkaian listrik.
Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini yaitu :
1. Membantu penghitungan kuat arus, tegangan dan hambatan pengganti dalam rangkaian listrik.
2. Sebagai fasilitas pendukung dalam proses belajar – mengajar untuk mata kuliah Rangkaian Listrik Dasar.

1.4 Pembatasan Masalah
Karena keterbatasan waktu dan pengetahuan penulis, maka ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini antara lain :
1. Elemen listrik yang dibahas hanya berupa hambatan (resistor) dan sumber tegangan.
2. Rangkaian listrik hanya mempunyai 1 buah sumber tegangan (catu daya).
3. Besar hambatan dan tegangan yang di-input berupa numerik dengan nilai antara 0 – 255.
4. Perangkat lunak mampu menggambarkan rangkaian listrik dari struktur rangkaian yang di-input.
5. Perangkat lunak akan menunjukkan cara penghitungan hambatan pengganti, kuat arus dan tegangan secara tahap demi tahap.

1.5 Metodologi Penyelesaian Masalah
Langkah – langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain :
a. Mencari dan mengumpulkan data – data yang diperlukan untuk pembuatan perangkat lunak baik dari pengetahuan dan pengalaman penulis maupun dari sumber – sumber lainnya seperti internet dan buku – buku komputer.
b. Membaca dan mempelajari buku – buku elektronika yang berhubungan dengan rangkaian listrik.
c. Mempelajari cara penghitungan kuat arus, tegangan dan hambatan pengganti elemen dalam rangkaian listrik tertutup.
d. Merancang suatu perangkat lunak yang mampu untuk menghitung besar kuat arus, tegangan dan hambatan pengganti dalam rangkaian listrik tertutup dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi