Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

307. Pengolahan Database Pasien Berbasis Jaringan


BAB I
PENGANTAR


1.1 Latar Belakang

Di era globalisasi seperti sekarang ini, teknologi telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Selain itu ada anggapan bahwa teknologi itu mahal dan hanya bermanfaat bagi segelintir orang saja. Anggapan seperti itu masih dominan dikalangan masyarakat kita. Padahal teknologi informasi diciptakan untuk kepentingan masyarakat banyak.

Aplikasi perangkat lunak komputer dan Internet telah berkembang pesat pada dewasa ini, demikian pula dengan aplikasi web dan browser internet yang dapat di akses melalui jaringan. Internet merupakan salah satu sumber informasi yang bersifat global. Dengan internet kita dapat mengakses informasi dari berbagai belahan dunia dengan cepat dan mudah.

Seiring dengan berkembang pesatnya kemajuan Teknologi Informasi, dibutuhkan pula sistem informasi yang berbasis jaringan. Kalau dulu aplikasi sistem informasi yang ada hanya stand alone (berdiri sendiri). Belakangan ini banyak dikenal Aplikasi Onine atau aplikasi yang dapat di akses melalui jaringan LAN, WAN, ataupun Internet.

Berdasarkan uraian diatas, penyusun ingin membuat Sistem Pengolahan Data Pasien Berbasis Jaringan LAN pada Praktek Dr. A. R. Mohammad.

1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, dapat dikemukakan beberapa permasalahan sebagai berikut :
Belum adanya media yang dapat memproses data Pasien yang Berbasis Jaringan Pada Praktek Dokter A. R. Mohammad Kota Gorontalo yang dapat diakses melalui jaringan LAN ataupun internet.
Oleh karena itu dipandang perlu untuk melakukan penelitian tentang Aplikasi Sistem Informasi Pemerikasaan dan Database Pasien Berbasis Jaringan Pada Praktek Dokter A. R. Mohammad Kota Gorontalo, agar hal ini dapat dijadikan sebagai suatu bentuk perbaikan terhadap pelayanan bagi pasien serta mempermudah pendataan pasien bagi dokter.
Adapun Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah :
Apakah dengan menggunakan aplikasi Pemeriksaan dan Database Pasien dapat mempercepat pelayanan kepada pasien, dan pelayanan lebih responsive. Serta dapat mempermudah dokter dalam pendataan pasien.

1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.3.1 Tujuan Penelitian
1) Untuk mengetahui prosedur kerja pada Praktek Dr. A. R. mohammad.
2) Untuk merancang suatu Aplikasi Pemerikasaan dan Database Pasien Berbasis Jaringan Pada Praktek Dokter A. R. Mohammad Kota Gorontalo.
1.3.2 Manfaat Penelitian
1) Membantu dokter A. R. Mohammad dalam membuat aplikasi pemeriksaan dan database pasien berbasis jaringan.
2) Mengetahui dan memahami Sistem pelayanan pasien pada Praktek Dr. A. R. mohammad.
3) Menambah pengalaman dan wawasan dalam membuat suatu rancangan aplikasi sistem informasi berbasis jaringan LAN maupun online.
4) Memberikan informasi kepada pihak yang akan meneliti lebih lanjut, mengenai penggunaan Sistem Pengolahan Data Pasien Berbasis Jaringan LAN pada Praktek Dr. A. R. Mohammad.

1.4 Metode dan Teknik Penelitian
1.4.1 Metode Penelitian
Adapun langkah-langkah dalam penelitian ini adalah :
1. Melakukan pengumpulan data yang berhubungan dengan pemeriksaan pasien, adapun data-data yang penulis kumpulkan seperti datapasien, data hasil pemeriksaan, data penggunaan bhp, data resep, data pembayaran oleh pasien.
2. Mengidentifikasi masalah yang ada pada proses pemeriksaan pasien, apa saja yang menjadi kendala dan akibat yang ditimbulkan serta bagaimana solusinya.
3. Membuat pemodelan sistem berupa bagan alir sistem (flow – chart), diagram arus data (data flow diagram), kamus data (data dictionary), dan ERD (entity relation diagram).
4. Merancang sebuah sistem Pengolahan Database Pasien Berbasis Jaringan dengan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, MySQL sebagai pengolah database, Apache2triad sebagai web server, Wscite sebagai PHP editor dan Adobe Photoshop 7.0 sebagai pengolah gambar.
5. Implementasi sistem merupakan tahapan setelah perancangan sistem untuk mengetahui apakah sistem yang dirancang telah sesuai dengan kebutuhan dan berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Tahap implementasi sistem merupakan tahap meletakkan sistem supaya siap dipakai atau dioperasikan.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan seperangkat komputer dengan spesifikasi sebagai berikut yaitu processor AMD Athlon 64 3400+ 2,8 GHz, Hard Disk 80 GB 7200 RPM Seagate Baracuda, memori DDRAM 512 MB PC-3200 Visipro, mainboard dan dilengkapi dengan Monitor LG 15”, keyboard + Mouse PS2 SPC dan printer HP D1320. Sedangkan perangkat lunak yang digunakan yakni :
- Sistem operasi : Windows XP Profesional.
- Pengolah kata : Microsoft Office Word 2003.
- Pengolah database : MySQL.
- Web Server : Apache2triad
- Pengolah Gambar : Adobe Photoshop 7.0.
- Bahasa pemrograman : PHP.

1.4.2 Teknik Penelitian
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penyusun dalam pelaksanaan penelitian ini adalah sebagai berikut :
- Wawancara
Yaitu pengumpulan data dengan tanya jawab pada pihak pihak yang bersangkutan.

- Observasi
Yaitu melakukan pengamatan secara langsung di lapangan, meneliti serta melakukan langsung kegiatan untuk mendapatkan data yang lebih lengkap.
- Kepustakaan
Cara terakhir ini dilakukan untuk mendapatkan dasar-dasar referensi yang kuat bagi penyusun guna selesainya penelitian ini. yaitu dengan mengumpulkan dan membaca buku yang berhubungan dengan pemberian judul berdasarkan permasalahan yang ada.

1.5 Lokasi dan Waktu Penelitian
• Lokasi Penelitian
Adapun tempat yang dipilih menjadi objek penelitian yaitu pada praktek sore Dr. A. R. Mohammad Sp, PD Jl. K. H. Agus Salim No. 35 Kel Limba U Kec Kota Selatan Kota Gorontalo atau lebih tepatnya di apotik MIRAH.
• Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan selama kurang lebih 4 bulan, mulai bulan September 2007 sampai dengan Desember 2007.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi