Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

94. Analisis Dan Perancangan Situs Web SMKN 2 Tasikmalaya Dengan Menggunakan Sistem Template PHP


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang cukup pesat dan menghasilkan inovasi-inovasi baru yang senantiasa terus berubah kearah yang lebih baik. Salah satu bidang pengetahuan yang berkembang sangat pesat dan trend saat ini adalah dunia internet. Saat ini internet sudah bisa diakses di hampir seluruh penjuru dunia mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Kemudahan dan biaya akses yang relatif murah menjadikan internet sebagai sarana pemenuhan kebutuhan yang utama. Dengan internet kita bisa mengetahui informasi yang terbaru dalam segala bidang baik itu di dalam negeri maupun luar negeri, bahkan dengan internet kita juga bisa belanja kebutuhan, memesan tiket atau kamar hotel, mengirim pesan dan lain-lain. Bagi perusahaan atau instansi maupun suatu organisasi, internet merupakan media promosi atau iklan yang bisa dibilang sangat murah.

Untuk mencapai kebutuhan seperti diatas, sebuah situs web haruslah dinamis dan tidak statis, karena situs web yang modern harus menjaga ke up to date –an isi dari situs. Masalahnya, dengan hanya mengandalkan skrip HTML murni sebuah web developer akan kesulitan dalam membangun situs web, karena harus membangun berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus halaman web dalam waktu yang sangat singkat.

Oleh karena itu, kita memerlukan program yang bisa membuat situs web menjadi dinamis. Salah satunya adalah dengan menggunakan PHP, dengan databasenya MySQL. Disini penulis mencoba menggunakan PHP dengan menggunakan Sistem Template yang sederhana untuk memudahkan administrator dalam memelihara situs tersebut. Pemeliharaan disini tidak hanya terbatas pada isi atau content dari situs, melainkan juga dalam meng-update tampilan dari situs. Karena untuk mengupdate isi dari situs, biasanya web developer telah menyertakan fasilitas control panel atau menu admin.

Pembuatan template ini dimaksudkan untuk menghindari kekacauan dalam meng-update tampilan situs atau halaman web yang dibuat dengan cara menyatukan skrip PHP ke tag-tag HTML atau lebih dikenal dengan istilah embedded, karena sangat mungkin sekali terjadi perubahan yang tidak diharapkan atau error script dengan berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus baris program. Dengan Sistem Template ini skrip PHP dibuat terpisah dengan tag-tag HTML penyusun halaman web dan disatukan melalui perangkat tambahan dalam hal ini menggunakan sebuah class yang dibuat dengan skrip PHP.

Dengan cara ini, seorang web desaigner dan programmer dapat berkonsentrasi pada bidang pekerjaannya masing-masing secara maksimal dan terfokus. Selain itu juga administrator atau pemilik web tidak akan pusing apabila akan melakukan perubahan terhadap tampilan halaman web, karena hanya tinggal melakukan perubahan pada satu file saja dan tidak perlu merubah skrip PHPnya.
Adapun pertimbangan penulis menggunakan PHP dan MySQL adalah selain software ini opensource atau gratis, juga PHP dan MySQL mempunyai komunitas pengguna yang sangat banyak sehingga apabila penulis mengalami kesulitan dalam mengembangkan situs ini, akan banyak sekali relawan yang bisa membantu penulis melalui forum-forum komunitas.

Terinspirasi dengan kehebatan internet dan program PHP tadi, penulis mendapat ide untuk membuat situs web SMKN 2 Tasikmalaya yang mana, SMKN 2 Tasikmalaya ini merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Kejuruan Negeri bidang Teknologi yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, bahkan menjadi cikal bakal berdirinya sekolah-sekolah menengah kejuruan lain di sekitar daerah tersebut baik itu swasta maupun negeri.

Untuk mengaplikasikan program Template diatas, penulis tuangkan dalam skripsi dengan judul:”ANALISIS DAN PERANCANGAN SITUS WEB SMKN 2 TASIKMALAYA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM TEMPLATE PHP”.

B. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang permasalahan yang ada dapat ditarik kesimpulan bahwa permasalahan yang dihadapi yaitu:
1. Bagaimana memanfaatkan situs web sebagai media promosi
2. Bagaimana merancang situs web dengan efektif dan efisien
3. Bagaimana menyajikan informasi SMKN 2 TASIKMALAYA agar dapat membantu memberikan informasi tersebut kepada dunia luar
4. Bagaimana merancang situs web yang interaktif sehingga informasi yang disajikan dapat diakses dengan cepat dan mudah dimengerti dalam penyajian informasinya, dimana pada akhirnya informasi tersebut akan mempengaruhi nilai manfaat yang lebih, baik bagi pihak penyaji maupun pengakses
5. Menganalisa sistem yang sedang berjalan dan melakukan studi kelayakan terhadap sistem yang baru.

C. BATASAN MASALAH
Dari rumusan masalah yang ada agar hasilnya lebih mengena dan tepat sasaran maka permasalahan yang ada dibatasi pada pembuatan situs web mengenai SMKN 2 Tasikmalaya secara umum, mulai dari sejarah berdiri, fasilitas sekolah, bidang keahlian yang ditawarkan dan lain-lain secara efektif dan efisien dengan menggunakan Sistem Template pada PHP. Penulis tidak akan membahas hal-hal yang spesifik mengenai SMKN 2 Tasikmalaya terutama mengenai hal-hal yang menyangkut intern sekolah seperti jadwal pelajaran, daftar nilai siswa, dan lain-lain.

D. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan diadakan penelitian ini adalah :
1. Membandingkan keefektivan antara menggunakan template(class) dengan tidak menggunakan template dalam membangun sebuah situs web yang dinamis.
2. Menerapkan ilmu dan teori-teori yang selama dalam mengikuti pendidikan khususnya matakuliah Pemrograman Internet Dasar dan Pemrograman Internet Lanjut kedalam aplikasi nyata secara praktek guna membantu dan mendukung kemampuan berkualitas dalam menerapkan ilmu yang sudah diperoleh kedalam kehidupan nyata.
3. Mengembangkan pola keilmuan dan membuka wawasan tentang ilmu pengetahuan baru yang sesuai dengan bidang teknologi informasi khususnya pemrograman internet.
4. Menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam bidang objek permasalahaan dari penelitian.
5. Sebagai bahan untuk menyusun tugas skripsi pada STMIK AMIKOM Yogyakarta.

E. METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi-informasi tentang objek permasalahan dari penelitian adalah :
1. Metode Kepustakaan
Metode mengumpulkan data dan referensi dengan mengacu pada buku–buku pedoman literature atau informasi di internet yang akan digunakan untuk mendapatkan kajian teoritis sebagai dasar teori di dalam melakukan analisis perancangan dari sistem yang sedang berjalan dan menyusun sistem baru yang akan diterapkan terutama skrip-skrip yang dipakai.
2. Metode Observasi
Yaitu pengamatan langsung ditempat penelitian terhadap objek yang akan dijadikan sumber data penelitian yang digunakan penulis dengan mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan penulisan laporan kripsi

3. Metode Wawancara
Yaitu mengadakan tanya jawab secara langsung dengan pihak-pihak yang terkait dengan permasalahan dari objek penelitian untuk mendapatkan informasi yang akurat..
4. Medote Dokumentasi
Dalam metode ini penyusun mengambil data dari arsip-arsip atau dokumen-dokumen pada instansi atau lembaga yang terkait serta pada media masa dan internet. Misalnya mengenai data-data guru dan mata pelajaran.

F. SISTEMATIKA PENULISAN
Laporan penelitian ini akan disusun secara sistematis ke dalam beberapa bab, masing-masing bab akan di dirincikan masalah-masalahnya sebagai berikut :

Bab I. Pendahuluan
Bab ini diuraikan tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan diadakan penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.

Bab II Dasar Teori
Akan diuraikan dan dijelaskan mengenai Internet, Konsep dasar pembuatan web, dasar-dasar pemrograman PHP dan database MySQL, serta apa dan bagaimana template parser. Perangkat lunak yang membantu dalam pengembangan sistem juga akan dibahas.

Bab III Tinjauan Umum
Diuraikan dan dijelaskan tentang sejarah dan perkembangan SMKN 2 TASIKMALAYA dari tahun ke tahun serta fasilitas dan bidang keahlian yang ditawarkan di sekolah tersebut. Dalam bab ini juga akan diuraikan mengenai analisis sistem yang dipakai selama ini serta studi kelayakan mengenai sistem yang diusulkan.

Bab IV Perancangan dan Implementasi
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai rancangan sistem yang diusulkan mulai dari rancangan desain sampai database yang digunakan. Bab ini diakhiri dengan implementasi dan penerapan dari sistem yang diusulkan.

Bab V Kesimpulan dan Saran
Pada akhir bab ini berisi tentang kesimpulan serta saran-saran yang akan di sampaikan penulis dan semoga bermanfaat bagi perusahaan atau instansi, khususnya bagi penulis dan pembaca umumnya sehingga dapat digunakan sebagaimana semestinya.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi