Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

14. Manajemen Waktu Penjadwalan Proyek Pembangunan Gedung


BAB I
PENDAHULUAN




A. Latar Belakang

Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring dengan perkembangan zaman, hampir semua kebutuhan ilmu pengetahuan dan teknologi membutuhkan peran ilmu Matematika. Matematika telah menjadi elemen dasar bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hampir dapat dipastikan bahwa setiap kajian dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada, baik ilmu murni maupun terapan, memerlukan peranan Matematika.

Matematika sendiri dapat dikaji dan dikembangkan melalui suatu penelitian operasional atau biasa dikenal dengan Riset Operasi (Operation Risearch). Riset Operasi digunakan untuk memecahkan masalah optimasi. Salah satu model dari Riset Operasi adalah Program Linier. Program Linier biasa digunakan dalam bidang industri, transportasi, ekonomi, teknik, perdagangan dan berbagai ilmu lain.

Bidang kajian Program Linier yang saat ini banyak digunakan dan dikembangkan oleh orang adalah teori analisis jaringan (network), dimana teori ini membahas persoalan dan pemecahan masalah manajemen proyek, yang menyangkut masalah perencanaan, penjadwalan dan pengendalian proyek, sehingga keberhasilan dalam pelaksanaan proyek untuk selesai tepat pada waktunya adalah tujuan pokok dan utama, baik bagi pihak kontraktor dan pemilik.

Baik Riset Operasi maupun Program Linier, keduanya tidak lepas dari peran serta perkembangan teknologi. Salah satu bukti kemajuan teknologi sekarang adalah kemajuan dunia digital, yaitu kemajuan dalam sistem komputer. Menurut Lauden dan Lauden (2005:205) dalam bukunya yang berjudul “Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital” dikatakan bahwa kekuatan komputasi berlipat ganda setiap delapan belas bulan dan mengakibatkan semakin banyak orang akan bergantung pada sistem komputer untuk menjalankan operasi-operasi yang penting. Jadi dengan semakin meningkatnya kemampuan komputer setiap 18 (delapan belas) bulan, mengakibatkan semakin memungkinkan bagi sebagian besar orang untuk memanfaatkan teknologi dalam menganalisis data.

Dalam menganalisis data dan merencanakan kegiatan suatu proyek, tentunya keterlambatan adalah kondisi yang tidak dikehendaki, karena akan merugikan antara pihak kontraktor dan pemilik proyek, baik dalam segi waktu, biaya maupun tenaga. Seperti halnya proyek besar yang berada di wilayah Universitas Diponegoro (UNDIP) tepatnya di kelurahan Bulusan, kecamatan Tembalang, Semarang. Di kelurahan ini akan didirikan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa). Sasaran utama dari pembangunan rumah susun sederhana sewa ini adalah sebagai tempat tinggal sementara bagi mahasiswa baru. Seperti yang telah diketahui, bahwa setiap tahun UNDIP menerima mahasiswa baru dan mengadakan orientasi bagi mahasiswa baru. Untuk


menampung mahasiswa baru, UNDIP bekerja sama dengan PT. NUSACIPTA ETIKAPURA membangun suatu tempat singgah sementara, yaitu rumah susun sederhana sewa bagi mahasiswa baru. Rumah susun sederhana sewa ini dibuat khusus untuk menampung mahasiswa baru. Tujuan utama dibangunnya rumah susun sederhana sewa ini adalah mampu menampung mahasiswa baru selama masa orientasi kampus tiba, sehingga dapat dijadikan sebagai tempat pengakraban bagi mahasiswa baru.

Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan peneliti dengan koordinator pelaksana pembangunan gedung rumah susun sederhana sewa di wilayah UNDIP, menerangkan bahwa pembangunan rumah susun sederhana sewa di wilayah UNDIP dibangun dengan biaya negara yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2006 dan terdiri dari 4 gedung utama dan masing-masing gedung terdiri dari empat lantai, dimana setiap lantai terdiri dari 60 kamar.

Pekerjaan pembangunan gedung rumah susun sederhana sewa di wilayah UNDIP diharapkan selesai tepat pada waktunya, karena alasan tersebut maka harus ada kegiatan-kegiatan atau jenis pekerjaan yang harus terlebih dahulu dikerjakan atau tidak boleh ditunda pelaksanaannya (kegiatan kritis), sehingga proyek dapat selesai tepat pada waktunya.

Dalam pembuatan skripsi yang berjudul “Manajemen Waktu Penjadwalan Proyek Pembangunan Gedung (Kasus Rumah Susun Sederhana Sewa Wilayah UNDIP)” akan dibahas tentang perencanaan waktu penjadwalan proyek (waktu penyelesaian seluruh proyek) dengan menggunakan PERT-CPM serta penggunaan Lindo dan Microsoft Project, sehingga dapat diketahui kegiatan/pekerjaan mana saja yang harus dikerjakan terlebih dahulu atau tidak boleh ditunda pelaksanaannya (kegiatan kritis), agar jadwal proyek teroptimalisasi dengan baik, sehingga keterlambatan dapat dikendalikan dan dihindari.

Bila waktu merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan suatu proyek, maka kegiatan kritis inilah yang perlu dikendalikan. Seperti yang diketahui, metode PERT CPM hanya merupakan suatu alat perencanaan dan pengawasan, karena alat ini juga memerlukan suatu cara atau sistem pendukung, sehingga akan didapatkan suatu hasil yang optimal. Pada umumnya, terjadinya kegagalan dalam pelaksanaan suatu proyek menunjukan bahwa pengelolaan proyek belum/tidak dipraktikan sesuai dengan perencanaan dan pengawasan yang matang dan bertanggung jawab.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa dengan banyaknya aplikasi software pendukung untuk sistem manajemen proyek, mempermudah kontraktor untuk menyelesaikan suatu proyek. Oleh sebab itu, diharapkan dari penelitian ini dapat dipilih alat bantu/software yang lebih baik untuk dipakai sebagai dasar pertimbangan dalam memperbaiki cara-cara lama yang sering menimbulkan kegagalan dalam proyek.


B. Permasalahan

Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang akan diteliti sebagai berikut:
1. Bagaimana menentukan kegiatan-kegiatan kritis pada proyek pembangunan rumah susun sederhana sewa di wilayah UNDIP agar waktu penyelesaian dapat optimal dengan menggunakan PERT-CPM?
2. Apakah ada perbedaan perhitungan waktu dalam menentukan lintasan/kegiatan kritis dengan PERT CPM, Lindo, Microsoft Project dan Microsoft Excel yang digunakan oleh kontraktor?

C. Tujuan Penelitian

Dari permasalahan yang dikemukakan di atas, tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah sebagai berikut:
1. Menentukan kegiatan-kegiatan kritis pada proyek pembangunan rumah susun sederhana sewa dengan metode PERT-CPM.
2. Mengetahui perbedaan perhitungan waktu dalam menentukan pekerjaan/kegiatan kritis dengan PERT CPM, program Lindo, Microsoft Project dan Microsoft Excel.

D. Manfaat Penelitian

Hasil dari penelitian ini diharapkan bagi.
1. Mahasiswa/Peneliti
Mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu yang telah didapat selama di bangku perkuliahan, sehingga dapat direalisasikan di dalam kehidupan nyata, selain itu juga diharapkan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan, terutama yang berhubungan dengan riset operasi dan perkembangan software komputer.
2. Kontraktor
Dapat memberikan pertimbangan bagi kontraktor dalam melakukan penjadwalan proyek sehingga dapat menghindari terjadinya kegagalan/keterlambatan proyek yang bersifat merugikan.

E. Sistematika Skripsi

Secara garis besar skripsi ini terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian awal, isi dan akhir.
Bagian awal berisi halaman judul, abstrak, halaman pengesahan, motto dan persembahan, kata pengantar, daftar isi dan daftar lampiran.
Bagian isi terdiri atas lima bab yaitu:
Bab I. Pendahuluan
Pada bab ini berisi tentang latar belakang, permasalahan, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika skripsi.
Bab II. Landasan Teori
Landasan teori merupakan teori-teori yang mendasari pemecahan dari permasalahan yang disajikan. Pada bab ini dibagi menjadi beberapa sub bab, yaitu : riset operasi, program linier , dualitas,
perencanaan dan pengendalian proyek dengan PERT CPM, lintasan kritis, percepatan proyek, Lindo, manajemen proyek, penjadwalan proyek rusunawa, Microsoft Project.
Bab III. Metode Penelitian
Bab ini berisi tentang mengidentifikasi masalah, perumusan masalah, studi literatur dan studi kasus, metode pengumpulan data, analisis dan penarikan simpulan.
Bab IV. Hasil Penelitian dan Pembahasan
Bab ini dibagi menjadi dua sub bab, yaitu hasil penelitian dan pembahasan. Hasil penelitian berisi tentang analisis penjadwalan proyek pembangunan gedung rumah susun sederhana sewa wilayah UNDIP dengan metode PERT-CPM, analisis penjadwalan proyek pembangunan gedung rumah susun sederhana sewa wilayah UNDIP dengan menggunakan Lindo dan Microsoft Project. Pada pembahasan berisi tentang analisis penjadwalan proyek pembangunan gedung rumah susun sederhana sewa wilayah UNDIP yang dilakukan oleh PT. NUSACIPTA ETIKAPURA dan analisis penjadwalan proyek pembangunan gedung rumah susun sederhana sewa wilayah UNDIP dengan menggunakan Lindo dan Microsoft Project.
Bab V. Penutup
Dalam bab ini berisi simpulan serta saran yang berkaitan dengan penelitian.
Pada bagian akhir skripsi, berisi daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang mendukung isi skripsi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi