Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

3. Peningkatan Keterampilan Membaca Diagram Melalui Pendekatan Pakem Dengan Media Overhead Transparans Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Watukumpul


SARI



Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dikembangkan. Membaca merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dan harus dikuasai siswa agar dapat mengikuti seluruh kegiatan dalam proses pembelajaran dan pendidikan di sekolah serta bekerja di masyarakat.

Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru bidang Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, keterampilan membaca diagram kelas VII A SMP Negeri 1 Watukumpul Pemalang masih rendah. Hal ini dilihat pada nilai rata-rata hasil tes yang belum mencapai target. Rendahnya keterampilan siswa dalam membaca diagram ini disebabkan oleh faktor internal yang berasal dari siswa dan faktor eksternal yang berasal dari teknik yang digunakan guru dalam mengajar kurang tepat. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca diagram siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Watukumpul Pemalang digunakan pendekatan PAKEM melalui media overhead transparans.

Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian tindakan kelas ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca diagram siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Watukumpul Pemalang setelah diterapkannya pembelajaran dengan pendekatan PAKEM melalui media overhead transparans?, (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Watukumpul Pemalang setelah diterapkannya pembelajaran dengan pendekatan PAKEM melalui media overhead transparans?. Berdasarkan masalah yang dikaji dalam penelitian ini, tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca diagram siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Watukumpul Pemalang setelah diterapkannya pembelajaran dengan pendekatan PAKEM melalui media overhead transparans?, (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Watukumpul Pemalang setelah diterapkannya pembelajaran dengan pendekatan PAKEM melalui media overhead transparans?.

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi,dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca diagram siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Watukumpul Pemalang sebanyak 44 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan analisis data nontes dilakukan secara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca diagram setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan PAKEM melalui media overhead transparans. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Watukumpul Pemalang yang meliputi tes pratindakan, tes siklus I, dan tes siklus II. Pada pratindakan nilai ratarata kelas yang diperoleh sebesar 45,50. Pada siklus I nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 60,93 atau meningkat sebesar 15,44% dari pratindakan. Pada siklus II meningkat sebesar 17,21% dari rata-rata siklus I yaitu menjadi 78,14.

Peningkatan ini membuktikan keberhasilan membaca diagram dengan pendekatan PAKEM melalui media overhead transparans. Peningkatan keterampilan membaca diagram ini diikuti dengan perubahan perilaku siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Watukumpul Pemalang. Perilaku siswa yang sebelumnya negatif mengalami perubahan menjadi positif atau menjadi lebih baik. Pada siklus II terlihat lebih tertarik terhadap metode pembelajaran yang digunakan guru dan siswa juga terlihat lebih aktif bertanya, berdiskusi dengan kelompoknya serta dalam mengomentari pekerjaan kelompok lain. Selain itu, siswa juga terlihat lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

Simpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran dengan pendekatan PAKEM melalui media overhead transparans dapat meningkatkan keterampilan membaca diagram siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Watukumpul Pemalang. Selain itu, perilaku siswa juga mengalami perubahan ke arah positif dari yang sebelumnya negatif. Dari penelitian ini, peneliti menyarankan pada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia agar selalu menggunakan media yang lebih variatif dalam pembelajaran agar siswa lebih tertarik dan senang dalam menerima pelajaran. Saran terhadap siswa agar dalam mengikuti proses pembelajaran lebih semangat dan selalu berperilaku positif. Saran terhadap sekolah yang menjadi objek penelitian hendaknya menyediakan sarana penunjang dalam proses pembelajaran di kelas, sedangkan saran terhadap peneliti lain hendaknya bisa melanjutkan penelitian dengan media yang lebih bervariatif dan dengan metode pembelajaran yang lebih baik lagi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi