Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

33. Pengaruh Latihan Beban Dengan Menggunakan Alat Manual Dan Alat Mesin Pada Proses Pengembangan Otot Dada Pada Member Fitnes Fakultas Ilmu Keolahrag


SARI



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan beban dengan menggunakan dua alat yang berbeda tetapi mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk membentuk atau mengembangkan otot bagian dada dan manakah yang lebih baik dalam mengembangkan otot bagian dada, dengan menggunakan alat manual atau dengan alat mesin?. Penelitian ini diharapkan bermanfaat : 1) Bagi pembaca , dapat memberikan informasi tentang kebugaran otot dan bentuk-bentuk latihan yang benar. 2) Bagi para member fitness dapat mengetahui manakah yang paling baik untuk melatih otot dada, 3) Bagi masyarakat luas hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu penambahan pengetahuan dan wawasan tentang kebugaran otot khususnya mahasiswa FIK.

Populasi penelitian ini adalah seluruh member fitness di Laboratorium Fakulatas Ilmu Keolahragaan sejumlah 848 orang. Teknik pemilihan sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Quota Sampling. Langkah pertama Dengan teknik tersebut diperoleh sampel sebesar 22 orang putra. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu alat manual dan alat mesin sebagai variabel bebas dan perkembangan otot dada sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan test dan pengukuran. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik t-test dan analisis deskripsi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa latihan dengan alat manual dan alat mesin mempunyai pengaruh yang berbeda. Hasil penghitungan t-tes dengan alat manual pada dada bagian atas 3.80, bagian bawah 5.06 sedangkan latihan dengan alat mesin dada bagian atas adalah 2.48 dan bawah 4.05. Dengan taraf signifikasi α= 5% dengan db = 11-1 = 10 diperoleh t (0,975)(10) = 2,18.dengan melihat penghitungan antara t hitung dengan t tabel menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara latihan dengan menggunakan alat manual dan latihan dengan alat mesin pada proses pengembangan otot dada.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian menunjukan perhitungan t-test diketahui bahwa nilai t-test pada latihan menggunakan alat manual berbeda dengan nilai t-test dengan menggunakan alat mesin. Hal ini berarti bawah terdapat perbedaan pengaruh latihan beban dengan menggunakan alat manual dan latihan beban dengan menggunakan alat mesin pada proses pengembangan otot dada baik bagian atas maupun otot dada bagian bawah. Berdasarkan uji t-test diatas dapat disimpulkan bahwa hasil uji perbandingan hasil lingkar dada bagian atas dan bawah dengan menggunakan alat manual memperoleh nilai yang lebih besar dibandingkan dengan menggunakan alat mesin. Hal ini berarti bahwa latihan beban dengan menggunakan alat manual memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan alat mesin.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi