Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

7. Analisis Forecasting Volume Penjualan Pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Secang Magelang Dengan Metode Analisis


ABSTRAK




Peramalan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pengambilan keputusan, sebab efektif atau tidaknya suatu keputusan tergantung pada beberapa faktor yang tidak dapat dilihat pada waktu keputusan itu diambil. Metode peramalan yang digunakan dalam penulisan ini adalah analisis runtun waktu Box-Jenkins, yakni konsep stasioner dan tidak stasioner, konsep dan cara hitung autokovariansi, autokorelasi, autokorelasi parsial dan operator Backshiff serta operator diferensi. Model linier khusus proses stasioner nya yakni AR, MA dan ARMA. Model ARIMA merupakan model linier untuk proses nonstasioner yang memanfaatkan data masa lalu dan data sekarang.

Permasalahan pada skripsi ini adalah bentuk model runtun waktu apa yang tepat pada data penjualan PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Secang dengan bantuan program Minitab dan bagaimana hasil peramalan model tersebut dengan bantuan program Minitab untuk bulan Juni 2005 sampai Desember 2006. Tujuan dalam penulisan skripsi ini untuk mengetahui bentuk model runtun waktu apa yang tepat pada data penjualan PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Secang dengan bantuan program Minitab dan mengetahui bagaimana hasil peramalan model tersebut untuk bulan Juni 2005 sampai Desember 2006.

Metode penelitian yang digunakan ada 2 (dua) yakni metode pengumpulan data dan metode analisis data. Pada metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, metode wawancara, metode observasi dan metode studi pustaka. Pada analisis data dilakukan pengkajian data dan pemecahan masalah.

Proses peramalan volume penjualan di PT. Industri Sandang Nusantara dilakukan dengan mengambil data sebanyak 65 dari bulan Januari 2000 sampai dengan Mei 2005. Pada penjualan Benten Cotton hasil peramalan didapat pada data selisih 1, penjualan Benten WO data telah stasioner dan diambil model yang lebih sederhana, penjualan Kain pada data asli masih terlihat data belum stasioner karena terlihat kelinieran pada beberapa lag sehingga diperlukan data selisih pertama atau selisih kedua.

Dari proses peramalan menggunakan analisis runtun waktu dan berbantu program Minitab diperoleh model yang sesuai untuk masing-masing produk yaitu penjualan Benten Cotton yaitu ARIMA (1, 1, 1), Benten WO yaitu ARMA (1, 1) dan Kain yaitu ARIMA (1, 1, 1). Hasil peramalan jumlah penjualan PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Secang Magelang untuk bulan Oktober 2005 untuk masing-masing jumlah penjualan adalah Benten Cotton sejumlah 1590.22, Benten WO sejumlah 4654.50 dan Kain sejumlah 1760.96. Metode ini disarankan dalam menentukan model runtun waktu hendaknya memperhatikan Fak, Fakp, dan Trend data dan dalam penyelesaiannya dapat digunakan program Minitab.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi