Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

110. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Trigonometri Pada Siswa Kelas 3 Smp Muhammadiyah Margasari Dengan Menggunakan Teknik


ABSTRAK



Pada pertemuan awal MGMP matematika, hampir setiap tahun selalu muncul pertanyaan dari beberapa guru tentang bagaimana cara menanamkan konsep trigonometri yang cepat dan mudah dimengerti siswa serta bagaimana menjelaskan manfaat mempelajari trigonometri. Untuk menjawab pertanyaan yang selalu muncul tersebut maka penelitian ini diberi judul “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Trigonometri Pada Siswa Kelas 3 SMP Muhammadiyah Margasari Tahun Pelajaran 2004/2005 Dengan Menggunakan Teknik Hapalan Dan Alat Peraga Klinometer”

Tujuan penelitian ini untuk memberikan cara yang cepat dan mudah dalam menanamkan konsep trigonometri dengan teknik hapalan dan menjelaskan kegunaan mempelajari trigonometri dengan alat peraga klinometer.

Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi atas tahapan-tahapn yang sudah dilakukan. Pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 60,53 dengan daya serap 45% sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 75,30 dengan daya serap 85%. Proses penelitian pada 40 siswa (11 putra, 29 putri) kelas 3 SMP Muhammadiyah Margasari ini dihentikan pada siklus II karena sudah memenuhi target yang diinginkan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik hapalan yang benar dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman konsep trigonometri. Dan penggunaan alat peraga klinometer dapat menjelaskan kegunaan mempelajari trigonometri. Oleh karena itu disarankan agar guru sebaiknya menerapkan teknik hapalan dan menggunakan alat peraga klinometer dalam pengajaran pokok bahasan trigonometri.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi