Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

112. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Alat Peraga Mistar Bilangan


ABSTRAK



Skripsi ini berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Menggunakan Alat Peraga Mistar Bilangan Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Petompon 05 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Penelitian ini dilakukan dengan alasan siswa enggan atau kurang berminat dalam mempelajari matematika, terutama bilangan bulat. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tentang cara perbaikan kondisi siswa yang berawal dari rendahnya hasil belajar yang akhirnya menyebabkan keaktifan menurun. Berdasarkan hasil tersebut maka memunculkan permasalahan apakah hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui penggunaan alat peraga mistar bilangan dalam operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Tujuan peneliti mengetahui kemampuan siswa kelas IV dapat ditingkatkan melalui penggunaan alat peraga mistar bilangan.

Metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam tiga siklus, setiap siklus tindakan terdapat empat tahap yaitu perencana, pelaksana, pengamatan dan refleksi tindakan. Tindakan penelitian dalam setiap siklus dilakukan dengan cara memberikan materi pelajaran. Penelitian ini diharapkan akan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, sehingga dapat dijadikan bekal dalam menyelesaikan soal-soal.

Simpulan yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian ini adalah sebagai berikut dari analisis tes siklus I diperoleh rata-rata kelas 7,1 ketuntasan belajar klasikal mencapai 71%, untuk tes siklus II diperoleh rata-rata kelas 7,6 dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal mencapai 85%, dan untuk tes siklus III diperoleh rata-rata kelas 8,0, ketuntasan belajar klasikal mencapai 88%.

Maka dari penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan mistar bilangan, selain itu siswa juga mengenal alat peraga mistar bilangan.

Hal ini menunjukkan ada pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat terhadap siswa kelas IV SD Petompon 05 dan juga penggunaan mistar bilangan dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat sebagai motivasi sisa dalam belajar.

Saran yang dapat diberikan adalah guru hendaknya dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan mistar bilangan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi