Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

127. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iiia Sd Rambeanak I Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang Dalam Menyelesaikan Soal Hitung Campuran


ABSTRAK


Upaya meningkatkan kualitas pendidikan merupakan salah satu fokus dalam pembangunan pendidikan di Indonesia. Salah satu pemecahan beberapa permasalahan yang digunakan dalam rangka peningkatan kualaitas pendidikan itu adalah pemanfaatan penelitian pendidikan. Penelitian pendidikan yang dimaksud salah satunya penelitian tindakan kelas. Dengan kata lain bahwa penelitian tindakan kelas ini merupakan salah satu cara yang baik bagi guru untuk memperbaiki atau meningkatkan layanan pendidikan.

Penelitian ini berjudul ”Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IIIA SD Rambeanak I Mungkid Kabupaten Magelang Dalam Menyelesaikan Soal Hitung Campuran Melalui Diskusi Kelompok-Kelompok Kecil“.

Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah melalui diskusi kelompok-kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal hitung campuran. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IIIA SD Rambeanak I dalam menyelesaikan hitung campuran dan untuk mengenalkan pada siswa pembelajaran matematika dengan melalui diskusi kelompokkelompok kecil. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IIIA SD Rambeanak I tahun pelajaran 2004/2005, guru kelas IIIA dan pengamat.

Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti melaksanakan dalam 2 siklus. Masingmasing siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.

Dari hasil penelitian siklus I siswa yang tuntas belajar mencapai 72,7 % dengan nilai rata-rata 7,91 sedangkan pada siklus II yang sudah tuntas belajar mencapai 90,9% dengan nilai rata-rata 8,09. Pada siklus II siswa sudah cukup baik dalam penguasaan pokok bahasan hitung campuran melalui kelompok-kelompok kecil.

Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal hitung campuran dapat ditingkatkan dengan melalui diskusi kelompok-kelompok kecil yang memotivasi siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Diskusi kelompok-kelompok kecil layak diteruskan sebagai alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan matematika. Diskusi kelompokkelompok layak disosialisasikan kepada guru pelajaran matematika dan diterapakan pada pembalajaran di kelas.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi