Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

131. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Bilangan 50 Sampai 100


ABSTRAK



Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah pembelajaran pengurangan dengan teknik meminjam bilangan 50 sampai 100 dengan metode demonstrasi, memanfaatkan alat peraga kantong nilai tempat dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik kelas I semester II di SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik dalam menyelesaikan soal pengurangan dengan teknik meminjam bilangan 50 sampai 100. Sedangkan manfaat ada 3, bagi peserta didik, bagi peneliti dan bagi sekolah. Manfaat untuk peserta didik adalah meningkatkan hasil belajar, melatih menyelesaikan masalah, berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Manfaat bagi peneliti adalah meningkatkan kreatifitas, kualitas, profesionalisme dan memperluas wacana dalam mengajar. Manfaat untuk sekolah adalah meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan daya tarik tersendiri bagi sekolah.

Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik dengan jumlah 41 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Dan setiap siklus ada 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, implementasi, pengamatan dan evaluasi dan refleksi.

Hasil evaluasi siklus I siswa yang mendapat nilai < 70 ada 19 siswa dan yang mendapat nilai ≥ 70 ada 19 siswa. Sedangkan hasil evaluasi siklus II adalah siswa yang mendapat nilai < 70 ada 3 dan siswa yang mendapat nilai ≥ 70 ada 38. Hasil evaluasi siklus I ketuntasan belajar 50% dan siklus II ketuntasan belajar mencapai 93%. Jadi mengalami peningkatan 43%.

Berdasarkan hasil analisis, peneliti memberi simpulan bahwa peserta didik lebih mudah memahami suatu konsep matematika secara kontekstual, dan hasil belajar meningkat bila penyampaian materi menggunakan alat peraga serta motivasi guru.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi