Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

132. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pokok Bangun Datar Siswa Kelas Vii F Smp 3 Kudus Melalui Implementasi Metode Discovery


ABSTRAK



Keberhasilan pembelajaran di sekolah merupakan hal yang sangat diharapkan oleh setiap guru, orang tua murid serta masyarakat. Langkah guru yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran di kelas merupakan salah satu penentu keberhasilan, sehingga peningkatan keberhasilan belajar siswa dapat tercapai. Penelitian ini dilaksanakan dengan alasan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII F SMP 3 Kudus tahun pelajaran 2006/2007 dalam menyelesaikan soal-soal keliling dan luas bangun datar masih rendah. Hal ini disebabkan selama proses pembelajaran, siswa memperoleh pengetahuan matematika secara dogmatis, siswa kurang dilibatkan, sehingga siswa bekerja secara mekanis.

Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui implementasi metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar materi pokok bangun datar dan aktivitas siswa kelas VII F SMP 3 Kudus tahun pelajaran 2006/2007 serta kinerja guru? Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi pokok bangun datar dan aktivitas siswa kelas VII F SMP 3 Kudus tahun pelajaran 2006/2007 serta kinerja guru melalui implementasi metode discovery.

Penelitian ini dilaksanakan di SMP 3 Kudus yang beralamat di jalan Jendral Sudirman No 76 Kudus. Subyek penelitiannya siswa kelas VII F SMP 3 Kudus tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan, dua orang guru matematika yang satu sebagai peneliti dan satu lagi sebagai observer.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Data yang diambil berupa data hasil observasi siswa, observasi guru, tes evaluasi akhir siklus dan data hasil angket refleksi siswa terhadap pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa 60,75 dengan skor paling rendah 30 dan skor tertinggi 90,00 serta siswa yang memperoleh skor minimal 65 ke atas ada 14 siswa (35%). Sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 76,63 dengan skor paling rendah 30 dan skor tertinggi 100 serta siswa yang memperoleh skor minimal 65 ke atas ada 32 siswa (80%). Hasil observasi terhadap guru menunjukkan, pada siklus I guru belum dapat mengelola waktu dengan baik dan proses pembelajarannya belum efektif. Namun pada siklus II guru sudah dapat mengelola waktu dengan baik dan proses pembelajarannya sudah efektif.

Simpulan yang dapat diambil adalah melalui implementasi metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar materi pokok bangun datar dan aktivitas siswa kelas VII F SMP 3 Kudus tahun pelajaran 2006/2007 serta kinerja guru. Untuk itu disarankan kepada guru matematika SMP 3 Kudus agar mengimplementasikan metode discovery pada materi pokok bangun datar yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa serta kinerja guru.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi