Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

167. Keefektifan Penerapan Pendekatan Pakem Dengan Media Cd Pembelajaran Dalam Pembelajaran Matematika Sub Materi Pokok Keliling Dan Luas Lingkaran


ABSTRAK



Dalam suatu proses belajar mengajar peran guru di sekolah sangat dibutuhkan dalam membantu siswanya untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Pembelajaran yang diberikanpun tidak membosankan Alternatif yang digunakan oleh guru adalah melalui pendekatan PAKEM dengan media CD interaktif dalam pembelajaran matematika, siswa dapat menggunakan secara aktif serta dapat mengembangkan kreativitasnya untuk mencapai hasil belajar yang baik. Namun apakah pendekatan PAKEM dengan media CD interaktif lebih efektif daripada pembelajaran matematika konvensional sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran siswa kelas VIII semester 2 SMP Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri? Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh keterampilan proses pada pendekatan PAKEM dengan media CD Interaktif terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pendekatan PAKEM dan CD interaktif dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri tahun 2006/2007 yang berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil pengamatan ketramopilan proses dan hasil belajar pemahaman konsep. Data diperoleh dari hasil tes dan dianalisis dengan menggunakan uji t pihak kanan.

Dari hasil pengujian regresi menunjukkan persamaan regresi =41.789 + 0.468X dan r2 = 27,7%. Hasil perhitungan normalitas dan homogenitas menunjukkan data hasil belajar berdistribusi normal dan variansnya homogen. Hasil perhitungan dengan uji t menunjukkan t hitung adalah 2,628 > t tabel = 1,67. Dengan demikian Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan pendekatan PAKEM dengan media CD interaktif lebih efektif daripada pembelajaran konvensional sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran siswa kelas VIII semester 2 SMP Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri.

Disarankan kepada guru untuk memiih materi yang cocok apabila ingin menerapkan pendekatan PAKEM dengan media CD interaktif, serta memperhatikan kondisi awal siswa sebelum memberi pelajaran.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi