Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

171. Pengaruh Penerapan Penilaian Portofolio Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Pada Siswa Kelas 2


ABSTRAK



Salah satu prinsip dalam pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang biasa disebut dengan kurikulum tahun 2004 adalah berpusat pada siswa sebagai pembangun pengetahuan, artinya pembelajaran saat ini berupaya untuk memandirikan peserta didik untuk belajar, berkolaborasi, membantu teman,mengadakan pengamatan dan penilaian diri untuk suatu refleksi yang akan mendorong siswa membangun pengetahuan sendiri. Dalam rangka peningkatan hasil belajar penerapan penilaian portofolio merupakan alternatif baru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menuntut keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Penilaian portofolio yang didalamnya terdapat pengidentifikasian materi, pemilihan materi, pengumpulan informasi, pembuatan portofolio, dan penyajiannya menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran aktif. Prinsip-prinsip tersebut menerapkan bahwa keaktifan siswa baik secara individu maupun kelompok sebagai penentu keberhasilan pembelajaran. Oleh sebab itulah penerapan penilaian portofolio akan memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada penilaian biasa.

Dalam penelitian ini penulis merumuskan hipotesis alternatifnya yakni ada pengaruh penerapan penilaian portofolio terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan Teorema Pythagoras pada siswa kelas 2 semester I SMP Negeri 1 Bojong Pekalongan tahun ajaran 2005 / 2006.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan lembar observasi. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa pada pokok bahasan Teorema Pythagoras, sedangkan metode observasi digunakan untuk memperoleh nilai siswa berdasarkan penilaian portofolio.
Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh persamaan estimator regresi yang berbentuk X59,097,22Y+=Λ.Setelah diuji kelinierannya ternyata persamaan regresi di atas linier, sehingga persamaan di atas berlaku. Setelah diuji keberartiannya, ternyata persamaan regresi di atas berarti. Persamaan tersebut mempunyai nilai awal 22,97. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan penilaian portofolio terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan Teorema Pythagoras pada siswa kelas 2 semester I SMP Negeri 1 Bojong Pekalongan tahun ajaran 2005/2006.

Besarnya pengaruh antara penerapan penilaian portofolio terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan Teorema Pythagoras pada siswa kelas 2 semester 1 SMP Negeri 1 Bojong Pekalongan tahun ajaran 2005/2006 adalah 19,277 %.Dari hasil penelitian, ada pengaruh positif penerapan penilaian portofolio terhadap prestasi belajar matematika, karena itu hendaklah para guru senantiasa memperhatikan dan untuk selanjutnya meningkatkan penerapan penilaian portofolio agar lebih teratur, berkesinambungan, terkontrol dan terevaluasi dalam mata pelajaran matematika.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi