Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

180. Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dengan Memanfaatkan Lks Dan Alat Peraga Papan Berpaku Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar


ABSTRAK



Latar belakang penelitian ini adalah bahwa matematika merupakan ilmu pengetahuan yang digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, yaitu sebagai salah satu ilmu yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu keadaan ekonomi orang tua siswa tergolong kurang mampu ada yang buruh, tukang becak, ibu rumah tangga, pedagang bahkan yang tidak bekerja karena PHK.

Dengan keadaan seperti ini penulis ingin meneliti siswa kelas V SDN Rejosari 03 dengan menerapkan model pembelajaran Tutor sebaya dengan memanfaatkan LKS dan alat peraga papan berpaku pada pokok bahasan simetri lipat dan pencerminan aktivitas belajar dan hasil belajar dapat meningkat. Di samping rata-rata hasil belajar matematika di SDN Rejosari 03 kurang memuaskan dan lebih rendah dibanding hasil belajar mata pelajaran yang lain. Permasalahan yang muncul adalah: apakah melalui implementasi model pembelajaran Tutor Sebaya dengan memanfaatkan LKS dan Alat Peraga Papan Berpaku dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik kelas V tahun ajaran 2006/2007 pada pokok bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan di SD Rejosari 03 Semarang?

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik kelas V tahun ajaran 2006/2007 pada pokok bahasan Simetri Lipat dan Pencerminan melalui implementasi model pembelajaran tutor sebaya dengan memanfaatkan LKS dan alat peraga papan berpaku di SD Rejosari 03 Semarang.

Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas V SDN Rejosari 03 dengan jumlah 25 anak. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tindakan penelitian dalam siklus I materi yang diberikan pada pertemuan I dan II adalah sub pokok bahasan Membahas tentang melakukan lipatan untuk membentuk simetri (bangun seimbang, sama bentuk/ukuran), banyaknya simetri lipat suatu bangun datar dan membuat hasil pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan alat peraga papan berpaku serta siklus II juga dilakukan pertemuan I dan II dimana sub pokok bahasan yang diberikan adalah membahas tentang materi simetri lipat dan pencerminan dengan melakukan pencerminan untuk membentuk bayangan terhadap sumbu tegak dengan latihan soal yang bervariasi dengan menggunakan alat peraga papan berpaku.

Hasil yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas adalah:
1. Hasil belajar dan aktivitas belajar siswa meningkat.
2. Kegiatan pembelajaran lebih hidup dengan keaktifan siswa dalam belajar baik secara kelompok maupun individu.

Adapun simpulan dari penelitian ini adalah dengan implementasi model pembelajaran tutor sebaya dengan memanfaatkan LKS dan alat peraga papan berpaku hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik kelas V SD Negeri Rejosari 03 meningkat.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi