Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

179. Keefektivan Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Nht) Terhadap Hasil Belajar Siswa


ABSTRAK



SMP Kesatrian 2 Semarang merupakan salah satu sekolah yang akan membawa sekolahnya menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN). Akan tetapi hasil belajar matematika siswa kelas VII dirasa belum optimal. Hal ini tercermin dari nilai ulangan harian siswa kelas VII tahun pelajaran 2008/2009 SMP Kesatrian 2 Semarang, banyak siswa memperoleh nilai yang masih kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 65, sehingga guru lebih sering memberikan remedial. Hal tersebut dikarenakan guru masih menggunakan pembelajaran ekspositori. Untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar serta meningkatkan hasil belajar siswa, bukan hanya diperlukan model pembelajaran saja, melainkan suasanan belajar yang cukup menyenangkan, salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah dengan menerapakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together.

Berdasarkan hal yang telah dikemukakan diatas, muncul permasalahan apakah hasil belajar siswa pada materi pokok segitiga dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together): (1) mencapai Standar Ketuntas Minimum (KKM) yaitu 65?(2) keterampilan prosesnya berpengaruh terhadap hasil belajar? (3) hasil belajar siswa pada pembelajaran Numbered Heads Together lebih baik daripada hasil belajar dengan pembelajaran Ekspositori?.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Kesatrian 2 Semarang tahun pelajaran 2008/2009. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan terpilih kelas VII D sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan keterampilan proses. Data diambil melalui pengamatan dan tes diolah dengan uji t statistik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yaitu tes tes tertulis.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, permasalahan pertama untuk ketuntasan hasil belajar diperoleh hasil belajar kelompok eksperimen telah mencapai ketuntasan yaitu 75% dari jumlah siswa di kelas VII B mendapai nilai lebih dari atau samadengan 65. Permasalahan kedua pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier. Hasil perhitungan diperoleh persamaan regresinya adalah Ŷ = 73,6 + 6,96X, dengan X: keterampilan proses pembelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan Y: hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Koefisien determinasi (R2) adalah 0,26 ini berarti bahwa signifikan keterampilan proses berpengaruh secara Signifikan sebesar 26% terhadap hasil belajar. Permasalahan ketiga pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 75,5 dan rata-rata kelas kontrol adalah 64,9. Ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol.

Simpulan yang diperoleh dalam skripsi ini dengan ketiga permasalahan di atas adalah Keefektivan Pembelajaran Numbered Heads Together pada materi pokok segitiga dapat mencapai efektif dalam proses pembelajaran di kelas.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi