Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

226. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika


Abstrak



Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan ini merupakan salah satu bentuk kemampuan berfikir tingkat tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru perlu memilih model pembelajaran yang tepat. Pembelajaran di kelas hendaknya tidak hanya menitikberatkan pada penguasaan materi untuk menyelesaikan matematis tetapi juga mengaitkan bagaimana siswa mengenali permasalahan matematika dalam kehidupan kesehariannya dan bagaimana memecahkan permasalahan tersebut dengan pengetahuan yang diperoleh di sekolah. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif daripada pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 Adimulyo Kebumen pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektifitas kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan model pembelajaran STAD lebih baik daripada siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan metode ekspositori.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Adimulyo Tahun Pelajaran 2006/2007. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, dan lembar observasi.

Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa kedua sampel normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Dari hasil perhitungan pada lampiran diperoleh thitung = 1,92 sedangkan nilai ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan hipotesis diterima. Jadi rata-rata hasil evaluasi pembelajaran pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dari pada pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 Adimulyo Kebumen pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi.

Disarankan guru dapat terus menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran pokok bahasan yang lainnya.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi