Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

227. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengukuran Dengan Pendekatan Berbasis Masalah Yang Kontekstual Pada Siswa


Abstrak



Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengukuran Dengan Pendekatan Berbasis Masalah yang Kontekstual Pada Siswa Kelas 4 SD Kalinegoro VI Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang Tahun 2004/2005”. Latar belakang pemilihan judul dengan pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut perubahan dan pengembangan pendidikan ke arah pengembangan dan pembentukan watak serta peradaban bangsa yang bermanfaat. Pengembangan kurikulum 2004 lebih menekankan pada perubahan paradigma pembelajaran yang penerapannya dapat dicapai secara kontekstual. Masalah dan pemecahan masalah selaku dalang dalam kehidupan seharihari.

Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas 4 setelah dilakukan pembelajaran matematika dengan pendekatan berbasis masalah yang kontekstual materi pengukuran? 2) Bagaimana menumbuhkembangkan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang meliputi kerja sama, bertanya dan berkomunikasi? Mengaplikasikan dua pendekatan yaitu pendekatan kontekstual dan pendekatan berbasis masalah dari Muslimin Ibrahim dan Muh Nur (2000: 13).

Tujuan yang hendak dicapai adalah mengetahui hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan pengukuran pada kelas 4 SD Kalinegoro VI tahun ajaran 2004/2005. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas.

Obyek penelitian dilaksanakan siswa kelas 4 SD Kalinegoro VI Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil analisis daya serap sebelum dilakukan PTK 65% setelah dilakukan PTK meningkat menjadi 85% di akhir siklus 3.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan “Dengan pendekatan berbasis masalah yang kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pengukuran di kelas 4 di SD Kalinegoro VI.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi