Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

23. Penerapan Hakikat Authentic Teaching Pada Proses Pembelajaran Keanekaragaman Makhluk Hidup Bagi Peningkatan Mutu Kegiatan Belajar Mengajar


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

Konsep keanekaragaman makhluk hidup merupakan bagian dari materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP). Prinsip pembelajaran IPA dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) adalah penerapan proses-proses IPA (mengamati, mengukur, menguji, memperkirakan, manganalisis, membandingkan, mengklasifikasi, bereksperimen serta membuat kesimpulan). Kurikulum ini juga menerapkan beberapa prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu: learning by doing (belajar dengan mengalami secara nyata), mengembangkan ketrampilan sosial, pemecahan masalah, keingintahuan, dan imajinasi serta mendorong siswa untuk terus belajar (Balitbang Depdiknas, 2001). Materi dalam konsep ini meliputi ciri-ciri, pengelompokkan dan keanekaragaman makhluk hidup. Mengingat isi materi tersebut, maka sumber belajar yang tepat adalah makhluk hidup yang banyak ditemui di lingkungan sekitar. Dengan memanfaatkan obyek kongkrit dapat menunjang penerapan proses IPA dan prinsip pembelajaran dalam KBK .

Sekalipun demikian pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang mudah belum maksimal. Seperti yang ditemui di SMP Negeri 13 Semarang. Dari hasil observasi awal diperoleh informasi kegiatan belajar mengajar konsep keanekaragaman makhluk hidup belum menerapkan proses-proses IPA dan prinsip-prinsip pembelajaran KBK. Sumber belajar masih terbatas buku teks dan lembar kegiatan siswa. Metode yang digunakan monoton, yaitu ceramah. Ini berdampak pada interaksi guru dengan siswa cenderung searah dan 99 % siswa mengalami kesulitan belajar. Masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dihadirkan guru belum mampu menarik minat siswa untuk mendiskusikannya karena keterbatasan waktu yang dialokasikan. Hasil belajar juga kurang memuaskan, tampak pada rata-rata ulangan harian hanya 54,34 dan persentase ketuntasan belajar 38,6 %, yang belum dapat dikatakan tuntas klasikal.

Dari hasil wawancara dengan guru, guru pernah menerapkan proses IPA, namun hanya beberapa kali saja dalam satu semester dan pada materi tertentu. Selain itu guru juga kurang memanfaatkan media lain dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), seperti isu-isu hangat di media massa dan peristiwa-peristiwa alam yang terjadi di lingkungan sekitar. Ini menunjukkan kepedulian guru dalam pengembangan KBM yang lebih variatif dan menghadirkan peristiwa nyata yang terjadi di lingkungan sekitar masih kurang.

Newman (2004) memberikan pengertian tentang Authentic Teaching sebagai suatu model atau strategi pembelajaran yang diarahkan pada tercapainya hasil belajar yang sesungguhnya dengan merancang pembelajaran mendekati kenyataan dalam kehidupan (Priyono, 2006). Pembelajaran tersebut diindikasikan dengan lima standar yaitu (1) berpikir tingkat tinggi, (2) kedalaman tingkat pengetahuan, (3) keterkaitan dengan kehidupan, (4) dialogal dan (5) adanya dukungan sosial untuk sukses.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi