Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

241. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Sd Dukuhwaru 03 Dalam Mencari Kelipatan Persekutuan Terkecil Melalui Alat Peraga


Abstrak

Alasan pemilihan judul karena siswa belum bisa menerapkan cara mencari kelipatan persekutuan terkecil. Dengan menggunakan alat peraga diharapkan siswa akan lebih mudah memahaminya dan dapat mengerjakannya. Sehingga siswa lebih terampil dalam menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan KPK (kelipatan persekutuan terkecil) dalam kehidupan sehari-hari.

Rumusuan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut. Apakah dengan menggunakan alat peraga lipatan kertas yang ada lambang bilangannya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SD Dukuhwaru 03 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal ?

Tujuan penelitian ini adalah mencatat permasalahan yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal kelipatan persekutuan terkecil dan merencanakan tindakan yang harus dilakukan oleh guru kelas VI SDN Dukuhwaru 03. Adapun cara yang digunakan untuk menyelesaikan soal kelipatan persekutuan terkecil agar siswa tidak mengalami kesulitan adalah dengan menggunakan alat peraga lipatan kertas yang ada lambang bilangannya.

Metode penelitian ini adalah metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus di mana tiap siklus meliputi perencanaan, tahap pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VI semester I SD negeri Dukuhwaru 03 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2004/2005 yang terdiri dari 29 siswa dimana terdapat 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.

Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa melalui alat peraga lipatan kertas yang ada lambang bilangannya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal kelipatan persekutuan terkecil pada siswa kelas VI semester I SD Negeri Dukuhwaru 03 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2004/2005 dengan tingkat partisipasi siswa yang cukup menggembirakan serta memacu guru untuk lebih kreatif dalam mengembangkan model pembelajaran.

Dalam pembelajaran cara menyelesaikan soal kelipatan persekutuan dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua dan tiga bilangan dengan 2 angka peneliti memberi saran agar guru lebih memiliki empati dalam membimbing siswa, khususnya siswa yang mengalami kesulitan belajar dan menelaah soal - soal yang ada agar siswa benar-benar dapat memahami dan dapat belajar dengan sebaik mungkin sehingga dapat tercapai tujuan yang dikehendaki yaitu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pokok bahasan kelipatan persekutuan terkecil ini.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi