Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

35. Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Menggunakan Media Audio Visual Dengan Teknik Dengar-Jawab Pada Siswa Kelas Viiia Smp


SARI



Keterampilan menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa sebelum menguasai keterampilan berbahasa yang lainnya. Pembelajaran keterampilan menyimak ini mempunyai peranan penting bagi siswa dalam menguasai keterampilan berbahasa yang lain. Penerapan teknik dan penggunaan media dalam pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pengajar agar tujuan pembelajaran keterampilan menyimak dapat tercapai. Keterampilan menyimak pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tersono Kabupaten Batang masih rendah dan belum mencapai nilai standar yang ditetapkan sekolah tersebut.

Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengangkat permasalahan peningkatan keterampilan menyimak berita pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tersono Kabupaten Batang dan perubahan perilaku siswa setelah dilakukan pembelajaran menyimak berita menggunakan media audio visual dengan teknik dengarjawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan menyimak berita menggunakan media audio visual dengan teknik dengar-jawab dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menyimak berita menggunakan media audio visual dengan teknik dengar-jawab. Manfaat penelitian ini adalah dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan pembelajaran khususnya menyimak berita berita, memotivasi siswa untuk belajar, dan melatih siswa melakukan kegiatan menyimak secara intensif dan efektif.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyimak berita siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tersono Kabupaten Batang. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data yang digunakan berupa tes, observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.

Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menyimak berita siswa pada pratindakan, siklus I, dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 62,9%. Pada pratindakan nilai rata-rata kelas mencapai 53,9 %. Pada siklus I terjadi peningkatan dari nilai rata-rata pratindakan sebesar 13,3 poin atau 24,7 % dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67,2 dan pada siklus II mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus I sebesar 10,6 poin atau 15,8 % dengan nilai rata-rata 77,8. Untuk peningkatan pada pratindakan ke siklus II adalah 23,9 poin atau 62,9 %. Peningkatan keterampilan menyimak berita pada tiap siklus diikuti dengan perubahan perilaku siswa kearah positif.

Hal tersebut terlihat pada keaktifan siswa dan keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran serta siswa merasa senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran menyimak berita menggunakan media audio visual dengan teknik dengar-jawab. Dari hasil penelitian ini, saran yang disampaikan peneliti adalah penggunaan media audio visual dan penerapkan teknik dengar-jawab dapat menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran menyimak berita.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi