Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

43. Analisis Kinerja Manajemen Sekolah Di SMA Negeri Dan Swasta Se Kabupaten Banjarnegara


ABSTRAK



Manajemen sekolah dipandang sebagai suatu pendekatan pengelolaan sekolah dalam rangka desentralisasi pendidikan yang memberikan wewenang yang luas kepada sekolah untuk mengambil keputusan mengenai pengelolaan sumber daya pendidikan sekolah. Hasil observasi awal tentang manajemen sekolah di SMA Negeri dan SMA Swasta se-kabupaten Banjarnegara memiliki kelemahan dalam hal implementasi kinerja manajemen sekolah.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA baik negeri maupun swasta se-kabupaten Banjarnegara yang semuanya berjumlah 13. Sampel penelitian ini adalah 6 sekolah yaitu 3 SMA negeri dan 3 SMA swasta. Dilakukan dengan teknik stratified random sampling berdasarkan wilayah dan status.

Variabel dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah, manajemen kurikulum, manajemen tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, dan manajemen sarana prasarana pendidikan. Metode pengumpulan data: metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrument yang disusun diuji validitas dan realibilitasnya Untuk uji validitas menggunakan rumus Product Moment, sedang uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Metode analisis data adalah analisis deskriptif dan interprestasi skor.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja manajemen sekolah SMA negeri berada pada kategori sangat baik, dan kinerja SMA swasta berada pada kategori baik. Adapun kelemahan kinerja manajemen sekolah terdapat pada masingmasing komponen manajemen sekolah yang meliputi manajemen kurikulum dan program pengajaran, tenaga kependidikan, kesiswaan, sarana dan prasarana serta manajemen kepemimpinan kepala sekolah.

Simpulan dalam penelitian ini Secara rata-rata manajemen kurikulum, kependidikan, kesiswaan, serta sarana dan prasarana di SMA se-kabupaten Banjarnegara sudah ideal, walaupun masih ada sebagian aspek yang masih perlu dioptimalkan dan ada kelemahan pada manajemen tersebut yakni terdapat pada masing-masing komponen manajemen sekolah. Saran dalam penelitian ini masing-masing kepala sekolah baik SMA negeri dan swasta hendaknya dapat mengoptimalkan kompetensinya. Dalam aspek kurikulum dan program pengajaran hendaknya lebih mengoptimalkan dalam hal penilaian hasil belajar, pada aspek seleksi penerimaan siswa baru. Dalam perekrutan tenaga perpustakaan dan laboratorium sebaiknya dicari orang yang memiliki background tersebut. Pada aspek sarana dan prasarana lebih meningkatkan pada aspek pengadaan dan pemeliharaan sekolah.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi