Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

44. Pengaruh Motivasi, Dukungan Orang Tua Dan Asal Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas II MA Al-Asror Patemon


ABSTRAK



Setiap kegiatan belajar akan berujung dengan harapan pencapaian prestasi belajar yang baik. Prestasi belajar merupakan indikator keberhasilan baik bagi seorang guru maupun bagi siswa itu sendiri. Tidak ada sorangpun siswa yang menginginkan prestasi belajarnya buruk. Namun untuk memperoleh semua itu tidak mudah karena banyaknya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, sehingga prestasi belajar yang dipeoleh setiap siswa berbeda-beda. Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa tersebut diantaranya faktor motivasi belajar, faktor dukungan orang tua dan faktor asal sekolah.

Permasalahan yang ingin diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh motivasi, dukungan orang tua dan asal sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas II MA Al – Asror Patemon Gunungpati Semarang tahun pelajaran 2004 / 2005 baik secara parsial maupun simultan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, dukungan orang tua dan asal sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas II MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang tahun pelajaran 2004/2004 baik secara parsial maupun simultan.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang tahun pelajaran 2004/2005 yang berjumlah 142 siswa. Dalam penelitian ini tidak ada sampel penelitian, karena jenis penelitiannya merupakan penelitian populasi atau studi sensus. Variabel dalam penelitian ini meliputi dua variabel bebas, satu variabel dummy dan satu variabel terikat. Yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel motivasi (X1), variabel dukungan orang tua (X2), variabel asal sekolah (D), serta yang menjadi variabel terikatnya adalah variabel prestasi belajar mata pelajaran akuntansi (Y). Untuk metode pengumpulan datanya digunakan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan variabel dummy.

Berdasarkan deskripsi variabel penelitian, untuk motivasi belajar, dari 142 responden yang memiliki motivasi belajar akuntansi dengan kriteria sangat baik sejumlah 35%, dengan kriteria baik sejumlah 29%, dengan kriteria cukup baik sejumlah 25%, dan dengan kriteia kurang baik sejumlah 11%. Untuk variabel dukungan orang tua, responden yang mendapat dukungan dari orang tua sejumlah 25% dengan kriteria sangat baik, 29% dengan kriteria baik, 29% dengan kriteria cukup baik, dan 17% dengan kriteria kurang baik. Untuk variabel asal sekolah dengan kategori siswa yang berasal dari SMP berjumlah 22%, sedangkan untuk kategori siswa yang berasal dari MTs berjumlah 78%. Dan untuk variabel prestasi belajar terdapat 7% responden yang prestasi belajarnya mendapat kriteria sangat baik, 25% responden dengan kriteria baik, 45% responden dengan kriteria cukup baik, dan 23% responden dengan kriteria kurang baik. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan variabel dummy diperoleh persamaan regresi Y = 38,100 + 0,436X1 + 0,292X2 – 0,09D + e. Setelah diadakan uji keberartian persamaan regresi dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 18,546 > Ftabel = 2,67 pada taraf signifikansi 5%, df=3, N=142. Adapun besarnya pengaruh secara keseluruhan / simultan (R2) sebesar 0,536 atau 53,6%. Sedangkan secara parsial adalah sebesar 0,095 atau 9,5% untuk variabel motivasi, sebesar 0,059 atau5,9% untuk variabel dukungan orang tua, dan sebesar 0,000036 atau 0,0036% untuk variabel asal sekolah.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif antara motivasi dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas II MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang tahun pelajaran 2004/2005. Sedangkan untuk variabel asal sekolah tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas II MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang tahun pelajaran 2004/2005. Berdasarkan simpulan dan hasil penelitian maka peneliti menyarankan agar ada penelitian lebih lanjut terhadap faktor lain seperti faktor metode pembelajaran akuntansi serta sarana dan prasarana yang dapat mendukung prestasi belajar siswa.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi