Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

44. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Waktu, Jarak, Dan Kecepatan Siswa Smp N I Jiken Kab. Blora


ABSTRAK



Belajar matematika bukanlah suatu proses pengepakan pengetahuan secara hati-hati, melainkan tentang mengorganisasi aktivitas dan berfikir konseptual. Siswa diharapkan mengkonstruksi pengetahuannya menurut diri mereka sendiri dan peranan guru cenderung sebagai fasilitator. Dari hasil wawancara yang dilakukan terhadap beberapa siswa SMP N 1 Jiken Kelas 2, mereka mengatakan kesulitan dalam belajar matematika, keterlibatan mereka dalam aktivitas belajar matematika rendah sehingga mengakibatkan pemahaman konsep rendah dan berdampak pada nilai matematika yang rendah. Berdasarkan hal tersebut, “apakah melalui pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan waktu, jarak, dan kecepatan pada siswa SMP N 1 Jiken Kab. Blora?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan waktu, jarak, dan kecepatan pada siswa SMP N 1 Jiken Kab. Blora.

Metode dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa dan guru mata pelajaran matematika SMP N 1 Jiken Kab. Blora kelas 2C tahun pelajaran 2004 / 2005. Siswa dalam kelas tersebut berjumlah 39 orang, dimana rata-rata kelas nilai matematikanya 5,8. Cara pengambilan data pada penelitian ini dilakukan melalui kegiatan pengamatan dan tes pada setiap akhir siklus. Dan pada akhir siklus 2 dilakukan pengambilan data mengenai pembelajaran yang telah dilakukan melalui angket refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini jika: (1) ketuntasan belajar individual mencapai minimal 65% dan secara klasikal minimal 85%, (2) rata-rata kelas minimal 7,0, (3) terjadi peningkatan aktivitas belajar. Dalam pelaksanaan pendekatan konstruktivisme dilakukan melalui pemberian pertanyaan dan tugas yang telah dirancang yang mengarahkan siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri.

Hasil penelitian yang dapat peneliti sajikan adalah: pada siklus 1 terdapat 15 siswa yang tidak tuntas dengan prosentase 38,9% dan terdapat 24 siswa yang tuntas dengan prosentase 61,5%, dimana nilai rata-rata kelas 6,6. Pada siklus 2, terdapat 5 siswa yang tidak tuntas dengan prosentase 12,8% dan terdapat 34 siswa yang tuntas dengan prosentase 87,2%, dimana nilai rata-rata kelas 7,8. Aktivitas dilaksanakan sangat baik sebesar 20% pada siklus 1 dan pada siklus 2 terjadi peningkatan, yaitu aktivitas dilaksanakan sangat baik sebesar 60%. Karena sudah mencapai indikator keberhasilan maka proses penelitian dihentikan pada siklus 2.

Simpulan yang diambil adalah pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Saran yang digunakan, agar guru matematika dalam memberikan materi pelajaran matematika terutama pada pokok bahasan waktu, jarak, dan kecepatan hendaknya menggunakan pendekatan konstruktivisme.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi