Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

45. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp N 1 Semarang


ABSTRAK



Keberhasilan pembelajaran di sekolah merupakan hal yang sangat diharapkan oleh setiap guru, orang tua murid serta masyarakat. Langkah guru yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran di kelas merupakan salah satu penentu keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan alasan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 1 Semarang pada materi luas daerah segiempat masih rendah. Hal ini disebabkan siswa cukup sulit memahami konsep-konsep matematika, siswa tidak menyiapkan diri sebelum pelajaran dimulai walaupun materi yang diajarkan pada pertemuan berikutnya sudah diketahui, dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran masih rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 1 Semarang tahun pelajaran 2006/2007 pada pokok bahasan luas daerah segiempat dapat ditingkatkan melalui pembelajaran pendekatan open-ended?. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 1 Semarang tahun pelajaran 2006/2007 pada pokok bahasan luas daerah segiempat melalui pembelajaran pendekatan open-ended.

Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Semarang yang beralamat di jalan Ronggolawe desa Karangayu Semarang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP N 1 Semarang tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 42 orang siswa, terdiri dari 16 siswa putra dan 26 siswa putri. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang diambil berupa data hasil belajar, hasil observasi terhadap guru, dan hasil observasi terhadap siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas adalah 8,8 dengan presentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan individual 90,48%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 9,1 dengan presentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan individual 97,62%. Pada siklus I guru belum melaksanakan pembelajaran pendekatan open-ended dengan baik, namun pada siklus II proses pembelajaran dapat berlangsung efektif. Simpulan yang dapat diambil adalah pembelajaran pendekatan open-ended dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan luas daerah segiempat siswa kelas VII SMP N 1 Semarang tahun pelajaran 2006/2007. Untuk itu disarankan kepada guru matematika agar menerapkan pembelajaran pendekatan open-ended pada pokok bahasan luas daerah segiempat yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi