Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

64. Persespi Guru Mengenai Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di SMP Negeri I Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang


ABSTRAK



Untuk memperbaiki mutu kurikulum salah satunya dengan perubahan kurikulum. Tahun 2006 telah diberlakukan kurikulum baru yang dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri I Warungasem ini belum dapat dilaksanakan. Sekolah menunggu pengesahan dari kabupaten untuk dapat melaksanakan KTSP. Perangkat pembelajaran dan segala sesuatunya telah dipersiapkan, termasuk uji coba pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan telah dilaksanakan satu tahun yang lalu. Tahun ajaran baru 2007/2008 SMP Negeri I Warungasem baru akan melaksanakannya. Hal ini disebabkan karena untuk wilayah Kabupaten Batang pelaksanaan KTSP baru dilaksanakan tahun ajaran 2007/2008.

KTSP merupakan penyempurna dari KBK, dimana dalam KTSP ini, indikator harus dibuat sendiri oleh guru sesuai dengan kondisi sekolah, longkungan dan karakteristik peserta didik. Dalam KTSP peran guru lebih dominan terutama dalam menjabarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, tidak saja dalam program tertulis tetapi juga dalam pembelajaran nyata di kelas. Guru berperan sebagai fasilitator sehingga siswa lebih aktif berperan dalam proses belajar. Guru harus terbiasa memberikan peluang yang seluas-luasnya agar siswa dapat belajar lebih bermakna dengan memberi respon yang mengaktifkan semua siswa secara positif dan edukatif. Masalahnya apakah guru sudah siap untuk itu. Jika guru kurang kreatif dalam pengelolaan pembelajaran dengan memberikan metode pengajaran yang kurang variatif maka akan menghambat pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Oleh karena itu, sebelum melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), guru perlu mengerti dan memahami Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan mempunyai persepsi yang benar tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).(1) Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah persepsi guru mengenai pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri I Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Tahun 2007/2008, (2) Hambatan apa yang dihadapi guru dalam persiapan pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP N I Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Tahun 2007/2008 dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui bagaimana persepsi guru mengenai pelaksanaan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan di SMP Negeri I Warungasem kecamatan Warungasem kabupaten Batang Tahun 2007/2008, (2) Untuk mengetahui hambatan apa yang dihadapi guru dalam persiapan pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Negeri I Warungasem kecamatan Warungasem kabupaten Batang Tahun 2007/2008 dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut.

Penelitian ini tidak menggunakan sampel melainkan seluruh populasi (penelitian populasi) atau seluruh guru SMP Negeri I Warungasem yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini memiliki variabel tunggal, variabel yang dimaksud adalah persepsi guru mengenai pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Penelitian ini mengungkap data persepsi guru mengenai pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang meliputi hakekat KTSP, pengembangan KTSP, cara penyusunan KTSP, cara mengembangkan silabus berbasis KTSP, cara membuat RPP, pembelajaran dan penilaian berbasis KTSP dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan KTSP. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode kuesioner menggunakan dua bentuk, yaitu kuesioner skala pengetahuan dan skala sikap. Data yang diperoleh berupa jawaban responden yang telah dikuantitatifkan, kemudian dianalisis secara deskriptif presentase.

Berdasarkan analisis deskriptif persentase dari skala pengetahuan menunjukkan hakekat KTSP termasuk dalam kategori baik, pengembangan KTSP termasuk dalam kategori baik, cara penyusunan KTSP termasuk dalam kategori baik, cara mengembangkan silabus berbasis KTSP termasuk dalam kategori sangat baik, cara membuat RPP termasuk dalam kategori sangat baik, pembelajaran dan penilaian berbasis KTSP termasuk dalam kategori sangat baik dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan KTSP termasuk dalam kategori sangat baik. Dari skala sikap menunjukkan hakekat KTSP termasuk dalam kategori baik, pengembangan KTSP termasuk dalam kategori sangat baik, cara penyusunan KTSP termasuk dalam kategori baik, cara mengembangkan silabus berbasis KTSP termasuk dalam kategori sangat baik, cara membuat RPP termasuk dalam kategori baik, pembelajaran dan penilaian berbasis KTSP termasuk dalam kategori baik dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan KTSP termasuk dalam kategori sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa guru SMP Negeri I Warungasem memiliki persepsi baik mengenai pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Kurikulum 2006) baik berdasarkan sikap maupun pengetahuan. Memperhatikan hal tersebut, saran yang dapat disumbangkan yaitu Guru hendaknya menyiapkan dan mempelajari terlebih dahulu semua hal tentang KTSP. Guru juga harus mau belajar agar lebih menguasai materi serta memahami KTSP. Kedua, kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah harus mendukung sepenuhnya agar pelaksanaan KTSP dapat berjalan dengan lancar. Ketiga, menambah sarana prasarana yang ada dalam pelaksanaan KTSP..
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi