Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

75. Pemanfaatan Alat Peraga Keping Plus Minus Dalam Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Smp


ABSTRAK



Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih rendahnya pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Salatiga. Hal ini dapat dilihat dari nilai ulangan pada pokok bahasan bilangan khususnya bilangan bulat rata-rata masih kurang dari 60. Oleh karena itu peneliti merasa perlu ikut berupaya meningkatkan pemahaman konsep tersebut.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan memanfaatkan alat peraga keping plus minus dalam pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga Tahun Pelajaran 2005/2006?”.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemanfaatan alat peraga keping plus minus dalam pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa SMP pada konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi siklus I operasi penjumlahan bilangan bulat dan siklus II dengan materi operasi pengurangan bilangan bulat. Dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai terdiri dari perencanaan, pelaksanaan /tindakan, pengamatan, analisis dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan pada siklus I belum tercapai batas tuntas klasikal karena baru dicapai 65% dan pada siklus II sudah dicapai batas tuntas klasikal yaitu 85%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan alat peraga keping plus minus dalam pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa SMP pada konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Setelah mengetahui kesimpulan ini disarankan kepada rekan–rekan guru hendaklah mencoba model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dan memanfaatkan alat peraga agar proses pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa lebih mudah dalam memahami konsep yang diberikan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi