Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

40. Kostum Diva Pop Dengan Sumber Ide Daun Caladium


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Entertainment adalah dunia hiburan yang didalamnya terdapat beberapa elemen yaitu aktris, aktor dan juga penyanyi. Mereka dalam masyarakat disebut entertainer atau juga selebritis. Gaya hidup mereka sering manjadi sorotan publik. Salah satu gaya hidup mereka adalah gaya berbusana (fashion). Sering kali gaya busana mereka ditiru oleh masyarakat dan dijadikan simbol fashion.

Di dunia yang modern dan individual masyarakat lebih memandang jauh ke depan melewati label fashion dan desainer untuk mendapatkan simbol fashion baru. Adanya kemudahan informasi yang bisa didapat dari media sampai yang lebih luas lagi internet. Selebritis menjadi semakin mudah diraih atau dikenal, dan masyarakat pun semakin bebas untuk memilih ( Monique Natalia, 2002: 66-68 ). Kebutuhan masyarakat akan busana sangat beragam sesuai dengan perkembangan waktu. Hal ini menyebabkan masyarakat tidak puas hanya dengan satu jenis pakaian tetapi mengenakan busana yang sesuai dengan jiwa dan kepribadian pemakainya sehingga dapat tampil menarik.

Perkembangan mode yang berputar selalu didominasi dengan busana wanita. Pembuatan busana wanita dituntut untuk dibuat secara baik dan benar, salah satunya adalah kostum diva pop. Kostum panggung merupakan busana yang dipakai untuk pertunjukan tertentu dalam suasana gembira dengan desain dan hiasan yang unik sehingga dapat menjadi pusat perhatian (centre of interest) pada kesempatan tersebut ( Lukman Ali, 1995:46 ).

Disain yang dibuat untuk pembuatan kostum panggung khususnya untuk seorang diva pop biasanya inovatif dan anggun sehingga menampilkan citra diri dari si penyanyi dalam suatu pertunjukan. Penciptaan busana sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa sumber ide, baik yang diperoleh dari alam atau busana yang sudah ada. Suatu peristiwa misalnya yang dapat kita pakai sebagai sumber ide adalah peristiwa adat suatu daerah atau benda-benda di sekitar kita (Chodijah dan Wisri A. Mamdy, 1982: 171).

Sumber ide dari alam beraneka ragam yang dapat dijadikan inspirasi dalam pembuatan kostum panggung. Salah satu inspirasi yang penyusun gunakan sebagai sumber ide adalah daun caladium Gysy Rose. Bentuk lekukan daun caladium yang unik dan warnanya yang cantik menimbulkan ide dalam pembuatan kostum diva pop.

B. Tujuan dan Manfaat Tugas Akhir
1. Tujuan
Tujuan Tugas Akhir yang ingin dicapai dari pembuatan kostum diva pop dengan sumber ide daun caladium adalah sebagai berikut:
a. Menciptakan disain yang sesuai untuk kostum diva pop dengan sumber ide daun caladium.
b. Mengetahui langkah pembuatan kostum diva pop dengan sumber ide daun caladium.
c. Mengetahui cara pemeliharaan kostum diva pop yang diilhami oleh keindahan daun caladium.
2. Manfaat
Manfaat yang dapat diambil dari pembuatan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:
a. Membentuk pola pikir yang kreatif dan inovatif dalam menciptakan suatu desain busana serta mewujudkannya dalam karya nyata.
b. Memberikan informasi dan memperkenalkan pembuatan kostum diva pop dengan sumber ide daun caladium.
c. Menambah khasanah mengenai informasi mode busana, khususnya pada program studi Teknologi Jasa dan Produksi Busana D3.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi