Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

206. Penyaluran Dana Pembiyayaan Produktif Pada Bank Riau Syariah Cabang Pekanbaru


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Banyak kalangan umat Islam yang menilai bahwa persoalan ekonomi merupakan persoalan duniawi semata terlepas dari permasalahan agama. Akibatnya persoalan ekonomi merupakan persoalan yang tereliminasi dalam berbagai kajian KeIslaman.

Selain itu, umat Islam juga terjebak dalam pengaruh Pluralisme sistem ekonomi, diantaranya sistem ekonomi Liberal, Sosialis, dan Kapitalis, Gejala ini muncul karena tidak mampu dalam melahirkan konsep sistim ekonomi. Kondisi ini terjadi dikalangan umat Islam secara umum, sebagaimana dinyatakan oleh Dr.Yusuf Qardawi, “Dari literatur Islam yang di tulis oleh para peneliti muslim, kita hanya menemukan sedikit buku tentang Ekonomi Islam.” Demikianlah hingga tahun lima puluhan belum ditemukan Disertasi, tesis, atau kajian ilmiah di Universitas negara-negara arab tentang ekonomi Islam. Inilah yang terjadi di dunia Islam. Sekitar tahun tujuh puluhan mulai ada perhatian pada ekonomi Islam, terutama setelah diadakan komperensi Islam sedunia pertama tentang Ekonomi Islam di mekah yang di seponsori oleh Universitas King Abdul Azis pada tahun 1976.

Sedangkan di Indonesia keadaan pengetahuan dan pemahaman ekonomi umat Islam baik dari segi teoritis maupun praktek sangat jauh tertinggal. Hal ini dilukiskan oleh Muhammad Syafe’I Antonio.

Disuatu pihak kita menggerakkan roda pembangunan ekonomi tetapi lupa membawa pelita agama karena memang tidak menguasai syariat terlebih Fiqh Muamalah secara mendalam. Dilain pihak kita menemukan para Kiai dan Ulama yang menguasai secara mendalam konsep Fiqh dan disiplin lainnya tetapi kurang menguasai dan memahami fenomena Ekonomi serta gejolak bisnis di sekelilingnya. Akibatnya muncul semacam tendensi biarlah kami mengatur urusan akhirat dan mereka untuk urusan dunia. Padahal Islam adalah risalah untuk urusan dunia dan akhirat.

Sejalan dengan adanya upaya untu keluar dari problema tersebut serta pemenuhan keinginan untuk mengembangkan Ekonomi Islam mulai meluas, sejak itu diadakan berbagai pertemuan, baik bersipat umum maupun khusus. Sebagian Universitas di Negara-negara Islam membuka jurusan untuk Ilmu disiplin Ekonomi Islam, demikian pula pusat kajian ekonomi bermunculan di berbagai negara yang pada gilirannya beratus-beratus Disertasi, Tesis, dan dan Kajian Ilmiah dengan judul yang berkaitan dengan Ekonomi Islam bermunculan. Dari segi aplikasi Yang bermunculan Yayasan serta lembaga-lembaga Keuangan baik Bank maupun non bank yang di operasionalkan dengan tanpa menggunakan Bunga, karena semua lembaga Fiqh dan Mukhtamar-mukhtamar.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi