Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

234. Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Sakit Umum Daerah Ungaran Kabupaten Semarang


ABSTRAKSI

Persaingan bisnis di bidang kesehatan terjadi pada seluruh pelayanan, termasuk rumah sakit. RSUD di Indonesia pada pelaksanaannya harus berorientasi ganda, yaitu berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan sekaligus menjadi organisasi yang berorientasi bisnis. Dalam menghadapi perubahan lingkungan, RSUD perlu melakukan perubahan-perubahan mendasar yang mengacu pada aspek internal program yang meliputi manajemen umum, proses pelayanan klinik, pengembangan SDM, pemasaran, customer service, manajemen keuangan, serta pelatihan dan pengembangan.Untuk itu perlu dilakukan penelitian tentang kepuasan pasien sebagai konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhinya sehingga dapat dipakai sebagai bahan masukkan untuk penyusunan strategi pemasaran pelayanan RSUD Ungaran khususnya dan RSUD lain pada umumnya. Secara garis besar strategi pemasaran pelayanan jasa yang pokok berkaitan dengan tiga hal, yaitu melakukan differensiasi kompetitif; kualitas jasa; mengelola produktivitas jasa.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap RSUD Ungaran dari bulan September sampai dengan November. Sampel penelitian yang digunakan adalah statified random sampling. Untuk menentukan ukuran sampel digunakan rumus slovin, diperoleh 99 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini meliputi : differensiasi kompetitif, kulaitas jasa, produktivitas jasa. Sedangkan variabel terikatnya adalah, kepuasan konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Ada pengaruh differensiasi kompetitif terhadap keputusan pembelian secara signifikan, hal ini dibuktikan dari data olahan bahwa thitung differensiasi kompetitif 2,258 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh mengelola differensiasi kompetitif terhadap kepuasan konsumen secara signifikan dan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini “diterima”.

Ada pengaruh mengelola kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen secara signifikan, hal ini dapat dibuktikan dari data olahan bahwa thitung mengelola kualitas jasa 4,314 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh mengelola kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen secara signifikan dan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini “diterima”.

Ada pengaruh mengelola produktivitas jasa terhadap kepuasan konsumen secara signifikan, hal ini dapat dibuktikan dari data olahan bahwa thitung mengelola.

produktivitas jasa 2,605 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,011 < 0,05. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh mengelola produktivitas jasa terhadap kepuasan konsumen secara signifikan dan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini “diterima”.

Ada pengaruh differensiasi kompetitif, mengelola kualitas jasa, dan produktivitas jasa terhadap kepuasan konsumen secara signifikan, hal ini dapat dibuktikan Fhitung sebesar 27,975 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh differensiasi kompetitif, mengelola kualitas jasa, dan produktivitas jasa terhadap kepuasan konsumen secara signifikan dan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini “diterima”.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi