Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

235. Pengurusan Surat Dinas Pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (Psda) Propinsi Jawa Tengah


SARI

Surat merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat penting bagi suatu instansi, terutama untuk berhubungan dengan luar baik itu perorangan maupun suatu instansi. Surat harus dikelola dengan baik sehingga dalam berhubungan dengan pihak lain dapat berjalan dengan baik. Pengurusan surat dapat dilakukan dengan sistem kartu kendali atau buku agenda. Pengurusan surat dinas masuk dan surat dinas keluar di Bagian Umum pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Tengah menggunakan kartu kendali tetapi pengurusan surat itu masih kurang efektif den efisien. Namun, kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh suatu jawaban yang akurat.

Permasalahan yang dikaji dalam Tugas Akhir ini adalah : (1) Bagaimana mekanisme pengurusan surat dinas masuk dan surat dinas keluar di Bagian Umum pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Tengah? (2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam pengurusan surat dinas masuk maupun surat dinas keluar?. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengurusan surat dinas masuk dan surat dinas keluar di Bagian Umum pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Tengah, (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pengurusan surat dinas masuk dan surat dinas keluar, (3) Untuk mengetahui cara mengatasi kendala dalam pengurusan surat dinas masuk dan surat dinas keluar.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan tugas Akhir ini adalah metode wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis secara deskriptif.
Pengurusan surat dinas masuk dan surat dinas keluar di Bagian Umum pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Tengah menggunakan sistem krrtu kendali. Surat masuk itu kemudian diproses, mulai dari penerimaan surat, penyortiran surat, pengendalian surat, sampai surat itu siap untuk disimpan pada bagian yang kemudian diagenda dan setelah itu dikirim ke tujuan. Dengan demikian setiap surat yang masuk maupun yang keluar dari kantor ini dapat dikontrol dengan baik.

Pengurusan surat masuk pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Tengah sebaiknya tidak perlu menggunakan buku agenda karena sudah ada kartu kendali, selain itu pengurusan surat dinas masuk dan surat dinas keluar sebaiknya diproses secara langsung tanpa harus menunggu surat dalam jumlah yang banyak, sehingga proses pengurusan surat dapat berjalan dengan baik.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi