Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

127. Perubahan Penggunaan Tanah Pertanian Ke Non Pertanian Di Kantor Pertanahan Kabupaten Demak


SARI

Tanah merupakan kebutuhan bagi setiap orang sebagai sarana untuk menunjang kelangsungan kehidupan, terutama dalam hal papan. Dengan adanya pertambahan jumlah penduduk yang tidak diiringi dengan bertambahnya jumlah luas tanah akan menyebabkan adanya perubahan pola penggunaan tanah dari tanah pertanian ke non pertanian. Perubahan itu ada yang diharapkan dan ada pula yang tidak diharapkan, baik perubahan dengan sendirinya ataupun dengan campur tangan dari pemerintah.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1). Faktor apa saja yang menyebabkan masyarakat mengajukan permohonan perubahan penggunaan tanah dari tanah pertanian ke non pertanian di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak? (2). Kendala-kendala apa yang dialami dalam perubahan penggunaan tanah dari tanah pertanian ke non pertanian di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kebupaten Demak? (3). Bagaimana dampak dari perubahan penggunaan tanah dari tanah pertanian ke non pertanian di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak? Penelitian ini bertujuan: (1). Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adanya perubahan penggunaan tanah pertanian ke non pertanian di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. (2). Untuk mengetahui kendala-kendala yang ada dalam perubahan penggunaan tanah pertanian ke non pertanian di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. (3). Untuk mengetahui dampak yang terjadi dengan adanya perubahan penggunaan tanah pertanian ke non pertanian di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.

Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Yang dikaji dalam penelitian kali ini ada 3 (tiga) variabel, yaitu (1). Faktor-faktor yang mempengaruhi adanya perubahan penggunaan tanah pertanian ke non pertanian di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. (2). Kendala-kendala yang ada dalam perubahan penggunaan tanah pertanian ke non pertanian di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. (3). Dampak yang terjadi dengan adanya perubahan penggunaan tanah pertanian ke non pertanian di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif dan metode tabulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan masyarakat mengajukan permohonan perubahan penggunaan tanah dari tanah pertanian ke non pertanian di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak ada 4 (empat hal): Surat Edaran Menteri No. 590/11108/SJ tahun 1984 tentang Perubahan Penggunaan Tanah Pertanian Ke Non Pertanian, sulit menjual secara de facto, tidak boleh dipecah-pecah dan keterbatasan pemanfaatan, proses pelaksanaan perubahan penggunaan tanah dimulai dengan adanya permohonan dari masyarakat yang diajukan kepada Bupati melalui Kepala Kantor Pertanahan setempat, didisposisikan kepada Kasi PGT, ditindaklanjuti dan diadakan rapat koordinasi untuk memutuskan boleh atau tidaknya ijin perubahan itu diberikan dengan berpedoman pada RTRW, Kasubsi RB-PGT melakukan analisis terhadap hasil rapat koordinasi dan Kasubsi Data PGT membuatkan gambar hasil dari penelitian lapang dan rapat, hasil dari keduanya diserahkan kepada Kasi PGT untuk selanjutnya diserahkan kepada Kepala Kantor, dari kepala Kantor dinaikkan kepada Bupati untuk menandatangani SK. Kendala-kendala yang ada dalam perubahan penggunaan tanah pertanian ke non pertanian di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak: adanya birokrasi pemerintah dan ijin diminta setelah ada bangunan. Dampak yang terjadi dengan adanya perubahan penggunaan tanah pertanian ke non pertanian di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak: meningkatnya nilai jual tanah dan menyerap tenaga kerja.

Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan faktor-faktor: Surat Edaran Menteri No. 590/11108/SJ tahun 1984 tentang Perubahan Penggunaan Tanah Pertanian Ke Non Pertanian, sulit menjual secara de facto, tidak boleh dipecah-pecah dan keterbatasan pemanfaatan. Dengan faktor-faktor tersebut sangat mempengaruhi diajukannya permohonan perubahan penggunaan tanah dari tanah pertanian ke non pertanian di Desa Kembangarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Dalam pelaksanaan perubahan penggunaan tanah tidak mengalami kendala yang begitu serius. Dampak dari perubahan penggunaan tanah tidak hanya dirasakan oleh pemohon saja, tetapi juga masyarakat di sekitarnya.

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pelaku kegiatan perubahan penggunaan tanah, baik untuk para aparat penegak aturan maupun masyarakat selaku pemohon.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi