Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

128. Pelaksanaan Izin Perubahan Penggunaan Tanah Pertanian Ke Non Pertanian Di Kantor Pertanahan Kota Semarang


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Tanah merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan manusia, lebih-lebih bagi negara Indonesia sampai saat ini sebagian besar penduduknya hidup dari sektor pertanian. Fungsi tanah begitu penting dan mempunyai arti tersendiri karena tanah merupakan modal bagi kehidupan manusia. Selain itu tanah juga digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan manusia seperti mendirikan bangunan sebagai tempat tinggal, bercocok tanam, bahkan sampai manusia matipun membutuhkan tanah.

Masalah tanah di Indonesia hingga saat ini merupakan suatu hal yang sangat kompleks. Hal ini disebabkan karena tanah merupakan sumber daya dan faktor produksi yang utama bagi pembangunan maupun demi pemenuhan kebutuhan hidup anggota masyarakat sehari-hari. Pentingnya masalah tanah diakibatkan pula adanya kenyataan bahwa disatu sisi jumlah penduduk semakin bertambah dengan konsekuensi semakin besarnya kebutuhan tanah untuk pemukiman maupun sebagai sarana produksi.

Kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pembangunan ekonomi masih bertumpu pada sektor pertanian yaitu sub sektor tanaman pangan menjadi komponen utama, karena menyangkut kepentingan rakyat banyak. Selain di sektor pertanian, pembangunan juga dititikberatkan pada sektor industri.

Sektor pembangunan di atas, pada hakikatnya memerlukan tanah sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan. Padahal tanah merupakan sumber daya alam dan faktor utama yang jumlahnya relatif tetap dan tidak mungkin bertambah. Kenyataan di atas membuktikan eratnya hubungan antara manusia dengan tanah dalam pembangunan dan penguasaan atas tanah.

Di samping aktivitas pembangunan yang meningkat jumlahnya, terutama untuk daerah perkotaan, kebutuhan akan tanah bertambah pula sebagai akibat dari bertambahnya jumlah penduduk.

Pertambahan penduduk yang khususnya terjadi di daerah perkotaan, di satu sisi mengakibatkan meningkatnya kebutuhan akan tanah untuk pemukiman dan kegiatan industri, pembangunan fasilitas pelayanan dan sosial. Di sisi lain tanah adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui serta tidak mempunyai sumber daya alam alternatif pengganti, sehingga tanah semakin menyempit dan berkurang jumlahnya.

Sejalan dengan meningkatnya aktivitas pembangunan dan pertambahan penduduk menyebabkan kebutuhan akan tanah juga meningkat, sementara ketersediaan luas tanah pada dasarnya tidak mengalami perubahan. Kenyataan ini mengakibatkan penggunaan tanah mengalami pergeseran, dari tanah yang semula peruntukannya untuk tanah pertanian bergeser penggunaannya menjadi tanah non pertanian. Dengan demikian dapat dipastikan pemanfaatan tanah yang tidak bijaksana dapat menimbulkan permasalahan dan hambatan bagi pencapaian sasaran dan tujuan pembangunan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi