Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

434. Hubungan Antara Tingkat Pendapatan Keluarga Dan Tingkat Pengetahuan Gizi Ibu Dengan Kejadian Obesitas Anak Pada Siswa Sd Islam Terpadu Ihsanul


ABSTRAK

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran responden berdasarkan pendapatan keluarga, pengetahuan gizi ibu, tingkat konsumsi energi dan obesitas anak, apakah ada hubungan antara pendapatan keluarga, pengetahuan gizi ibu dan tingkat konsumsi energi dengan obesitas anak.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran responden berdasar pendapatan keluarga, pengetahuan gizi ibu, tingkat konsumsi energi dan obesitas anak, hubungan antara pendapatan keluarga, pengetahuan gizi ibu dan tingkat konsumsi energi dengan obesitas anak.

Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan desain case control. Populasi adalah semua siswa Sekolah Dasar kelas 3, 4 dan 5 yang ada di SD Islam Terpadu Ihsanul Fikri, sejumlah 168 anak. Sampel sejumlah 102, terdiri dari 34 kelompok kasus dan 68 kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah timbangan injak, mikrotoa, daftar nama anak, kuesioner, recall 24 jam. Analisis bivariat dengan uji statistik uji Chi Square dan untuk mengetahui besar faktor resiko digunakan analisis Odds Ratio.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa tingkat pendapatan perkapita siswa SD Islam Terpadu Ihsanul Fikri Magelang sebagian besar diatas garis kemiskinan yaitu sebanyak 99 (97,06%), median Rp 430.000,00, nilai minimum Rp 125.000,00 dan nilai maximum Rp 1.100.000,00, tingkat pengetahuan gizi Ibu siswa SD Islam Terpadu Ihsanul Fikri Magelang sebagian besar baik yaitu sebanyak 52 (51%), median 80, nilai minimum 42 dan nilai maximum 100. Kejadian obesitas anak pada siswa SD Islam Terpadu Ihsanul Fikri Magelang adalah sebanyak 34 siswa (33,33%).

Dari hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pendapatan keluarga dengan kejadian obesitas anak kelas 3, 4 dan 5 SD Islam Terpadu Ihsanul Fikri Magelang tahun ajaran 2006/2007 (p: 1,000 dan OR: 1,000), tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi ibu dengan kejadian obesitas anak kelas 3, 4 dan 5 SD Islam Terpadu Ihsanul Fikri Magelang tahun ajaran 2006/2007 (p: 0,944 dan OR: 0,889), ada hubungan yang signifikan antara tingkat konsumsi energi dengan kejadian obesitas anak kelas 3, 4 dan 5 SD Islam Terpadu Ihsanul Fikri Magelang tahun ajaran 2006/2007 (p: 0,001 dan OR: 7,684)

Saran yang diajukan adalah kepada orang tua siswa terutama ibu untuk menyesuaikan antara pengetahuan dan perilaku ibu dalam hal gizi anak sehingga diharapkan anak mendapatkan kebutuhan gizi yang sesuai dengan kebutuhan gizi anak sekolah, Kepala sekolah diminta untuk memberi pengarahan kepada pengelola kantin sekolah agar menyediakan makanan sesuai nilai gizi yang dibutuhkan oleh anak sekolah, diharapkan adanya penelitian lanjutan dengan menambah atau mengendalikan variabel-variabel yang lain seperti faktor genetik, aktifitas fisik, faktor stress dan obesitas anak atau faktor genetik agar penelitian ini menjadi lebih sempurna.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi