Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

438. Hubungan Antara Getaran Mesin Pada Pekerja Bagian Produksi Dengan Carpal Tunnel Syndrome Industri Pengolahan Kayu Brumbung Perum Perhutani Unit I


ABSTRAK

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara Getaran Mesin pada pekerja bagian Produksi dan Carpal Tunnel Syndrome Industri Pengolahan Kayu Brumbung Perum Perhutani unit I Jawa Tengah Tahun 2007. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Getaran Mesin pada pekerja bagian Produksi dan Carpal Tunnel Syndrome Industri Pengolahan Kayu Brumbung Perum Perhutani unit I Jawa Tengah Tahun 2007.

Jenis penelitian ini adalah explanatory reseach dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh operator mesin bagain produksi sejumlah 43 orang. Sampel yang diambil sejumlah 33 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik restriksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) vibration meter, 2) lembar hasil pengukuran intensitas getaran. Data penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner, tes phallen, tes tinnel, pengukuran getaran alat kerja. Data sekunder diperoleh dengan cara melihat data yang direkap oleh perusahhan seperti umur responden, masa kerja, jumlah operator mesin, jenis alat yang digunakan, gambaran umum perusahaan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan statistik uji chisquare dengan derajat kemaknaan ( ά ) = 0,05.

Dari hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden menderita carpal tunnel syndrome 57,6 % dan tidak menderita carpal tunnel syndrome 42,4 %. Dari uji statistik didapatkan nilai p-value untuk hubungan antara getaran mesin dan carpal tunnel syndrome sebesar 0,001 dengan nilai OR sebesar 39.

Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan ada hubungan antara getaran mesin dan carpal tunnel syndrome. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan adalah memberikan peredam pada bagian alat yang berhubungan dengan pekerja, peningkatan pengetahuan tentang bahaya getaran, pemeriksaan kesehatan berkala, menerangkan cara pencegahan carpal tunnel syndrome, desain peralatan kerja supaya tangan dalam posisi natural saat kerja, modifikasi tata ruang kerja untuk memudahkan variasi gerakan, mengubah metode kerja untuk sesekali istirahat pendek (menimal 2 menit setiap 30 menit kerja pada bagian tangan yang terpapar langsung getaran).
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi