Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

439. Perbedaan Status Gizi Dan Prestasi Belajar Anak Di Sekolah Dasar Negeri Daerah Pantai Dan Daerah Pegunungan Kabupaten Pati


SARI

Daerah pantai dan daerah pegunungan mempunyai lingkungan yang berbeda satu sama lain ditinjau dari keadaan geografis dan keadaan kesehatan lingkungan. Hal ini menyebabkan perbedaan dalam jenis komoditi pangan yang dihasilkan dan pangan yang tersedia pada kedua daerah tersebut. Daerah pantai dominan akan produksi ikan dan hasil laut lain sedangkan daerah pegunungan dominan akan produksi sayur-mayur, palawija dan hasil perkebunan. Perbedaan jenis komoditi ini menyebabkan perbedaan jenis dan jumlah pangan yang biasa dikonsumsi sehari-hari pada kedua daerah tersebut. Keluarga didaerah pantai cenderung mengkonsumsi ikan laut dan hasil laut lainnya sedang keluarga di daerah pegunungan cenderung mengkonsumsi makanan nabati. Hal ini menyebabkan anak di daerah pantai cenderung lebih banyak mengkonsumsi ikan segar dan hasil olahannya yang kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6. Asam lemak esensial ini mempunyai peranan penting dalam peningkatan kecerdasan anak (Ali Khomsan, 2003:4), sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Keadaan ini berbeda dengan daerah pegunungan dimana masyarakat daerah pegunungan jarang bahkan sebagian tidak dapat mengkonsumsi ikan segar yang kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6, sehingga peningkatan kecerdasan anak relatif kurang dibandingkan dengan anak daerah pantai.

Penelitian ini mengungkap permasalahan tentang perbedaan status gizi dan prestasi belajar anak di SD Negeri daerah pantai dan daerah pegunungan Kabupaten Pati tahun pembelajaran 2004/ 2005. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan status gizi dan prestasi belajar anak di SD Negeri daerah pantai dan daerah pegunungan Kabupaten Pati tahun pembelajaran 2004/ 2005.

Jenis penelitian bersifat explanatory research (penelitian penjelasan) untuk menjelaskan perbedaan status gizi dan prestasi belajar anak SD Negeri di daerah pantai dan daerah pegunungan Kabupaten Pati. Metode yang digunakan adalah metode cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 dan 5 SD Negeri, pada daerah pantai yaitu 35 SD N di Kecamatan Tayu dan pada daerah pegunungan adalah 40 SD Negeri di Kecamatan Kayen. Sampel pada daerah pantai berjumlah 48 siswa di SD N 01 Sambiroto Kecamatan Tayu dan pada daerah pegunungan berjumlah 70 siswa di SD N 01 Beketel Kecamatan Kayen Kabupaten Pati.

Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan status gizi secara signifikan antara anak SD Negeri di daerah pantai dan daerah pegunungan Kabupaten Pati. Hal ini dikarenakan sebagian besar masing-masing anak mampu mencukupi kebutuhan tubuhnya akan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Angka Kecukupan Gizi antara daerah pantai dan dearah pegunungan relatif sama, yaitu 96,88 % anak daerah pantai mampu mencukupi kebutuhan tubuhnya akan zat gizi dan anak daerah pegunungan yang mampu mencukupi kebutuhan zat gizi tubuhnya adalah 95,02 %. Hal ini terbukti tes U Mann Whitney antara keduanya tidak berbeda secara signifikan pada taraf signifikan 0,05. Status gizi pada kedua daerah sebagian besar adalah normal bawah. Tingkat Konsumsi Energi (TKE) anak SD Negeri di daerah pantai dan daerah pegunungan secara signifikan berbeda pada taraf signifikan 0,05, yaitu TKE daerah pantai lebih tinggi dari daerah pegunungan. TKE anak SD Negeri dapat tercukupi dengan baik pada daerah pantai 77,09 % sedangkan pada daerah pegunungan 51,43 %. Tingkat Konsumsi Protein (TKP) anak SD Negeri di daerah pantai dan daerah pegunungan secara signifikan berbeda, yaitu TKP anak SD Negeri daerah pantai lebih baik daripada daerah pegunungan. Hal ini dapat terlihat dari hasil rata-rata prosentase TKP, yaitu 97,92 % pada daerah pantai dan pada daerah pegunungan sebesar 94,28 %. Hal ini dikarenakan pada daerah pantai bahan pangan sumber karbohidrat dan protein tersedia dengan baik bila dibandingkan dengan daerah pegunungan.

Secara signifikan tidak ada perbedaan prestasi belajar anak di SD Negeri daerah pantai dan daerah pegunungan pada taraf signifikansi 0,05. Nilai rata-rata dari mata pelajaran mayor tinggi daerah pantai, yaitu 6,7yang tidak jauh berbeda pada daerah pegunungan sebesar 6,5. Hal ini disebabkan karena prestasi belajar secara nyata tidak dipengaruhi oleh faktor fisiologis dan status gizi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor non sosial, faktor sosial dan psikologis secara nyata berpengaruh terhadap prestasi belajar, ditunjukkan dari hasil analisis regresi menggunakan uji parsial (uji t) diperoleh p < 0,05. Kontribusi faktor non sosial berpengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar sebesar 9,9%, faktor sosial berpengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar sebesar 4,3% dan berpengaruh langsung sebesar 20,6%. Faktor psikologis berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar sebesar 23,9%.

Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah status gizi anak SD Negeri daerah pantai dan daerah pegunungan perlu ditingkatkan dengan konsumsi bahan pangan yang lebih baik sehingga status gizi anak dapat menjadi normal dan cenderung pada normal atas dimulai dari perbaikan sistem pangan dalam keluarga, perlu adanya peningkatan suplai bahan pangan sumber protein pada daerah pegunungan, dan perlu ditingkatkannya prestasi belajar pada kedua daerah dengan mempehatikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar seperti peningkatan fasilitas belajar, perhatian orang tua terhadap belajar anak (faktor sosial) serta perlunya penambahan tenaga pendidik pada daerah pegunungan (daerah terpencil), dan secara psikologis perlu peningkatan motivasi baik dari lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi