Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

450. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Partisipasi Kader Dalam Kegiatan Posyandu Di Kelurahan Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan


ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Faktor-Faktor apa sajakah yang berhubungan dengan partisipasi kader dalam kegiatan posyandu di Kelurahan Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan partisipasi kader dalam kegiatan posyandu di Kelurahan Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan kader posyandu di Kelurahan Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dengan jumlah kader 60 orang. Sampel yang diambil sejumlah 52 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling dengan cara undian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) angket dan 2) Lembar observasi ratarata cakupan D/S. Data yang diperoleh dalam penelitian diolah dengan uji statistik fisher dengan α 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa p value dari beberapa faktor yang diteliti sebagai berikut: 1) Pengetahuan kader tentang posyandu ( p value=0,497), 2) Lama kerja kader (p value=0,057), 3) Jam kerja kader (p value=0,253), 4) Pemberian insentif (p value=0,378), 5) Jumlah kader (p value=0,051), 6)Ketersediaan alat dan bahan (p value=0,739), 7) Seleksi (p value=0,299), 8)Pembinaan kader (p value=0,178), 9) Frekuensi pertemuan kader (p value=1,000). Kesimpulannya p value lebih dari 0,05.

Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan tidak ada hubungan yang signifikan antara faktor-faktor dengan partisipasi kader dalam kegiatan posyandu di Kelurahan Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun 2006. Beberapa saran berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah masih perlunya dilakukan pelatihan ulang kader dan diharapkan juga bagi kader yang belum lama menjadi kader posyandu agar dapat lebih meningkatkan keaktifannya dalam kegiatan posyandu sehingga kelangsungan kegiatan posyandu dapat terus dipertahankan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi