Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

451. Hubungan Antara Kualitas Udara Pada Ruangan Ber-Ac Sentral Dan Sick Building Sindrome Di Kantor Telkom Divre Iv Jateng-Diy


SARI

Lingkungan yang sehat merupakan sita-cita setiap orang, baik di lingkungan udara terbuka maupun lingkungan udara tertutup seperti lingkungan dalam gedung perkantoran. Kesehatan lingkungan dalam suatu gedung atau ruangan berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat, terutama kesehatan orang yang bekerja di dalamnya. Kualitas lingkungan udara kurang baik akan menimbulkan gangguan kesehatan. Salah satu fenomena gangguan kesehatan yang berkaitan dengan kualitas udara dalam ruangan adalah sick building syndrome (SBS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang polutan udara dan mencari hubungan antara kualitas udara dalam gedung dengan Sick Building Syndrome. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 40 orang diambil secara purposive sampling, dengan kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Metode pengumpulan data menggunakan metode penelitian deskriptif. Pengambilan data dengan pengukuran parameter kualitas udara yang meliputi pengukuran kadar debu, suhu, kelembaban dan kecepatan gerak udara dan pengukuran SBS dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis univariat meliputi gambaran tingkat pencemar udara, karakteristik responden (umur, status gizi dan lama bekerja) dan kasus SBS dan analisis bivariat menggunakan uji tes chi square untuk mengetahui apakah fenomena SBS terjadi di tempat penelitian (gedung Telkom Divre IV Jateng-DIY).

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kualitas udara pada ruangan berpendingin sentral dan SBS dengan nilai X2 5,170 pada p < 0,05. Nilai koefisien contigency sebesar 0,338, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan lemah antara kualitas udara dengan SBS. Perhitungan odds rasio diperoleh angka sebesar 5,625, ini berarti bahwa orang yang tinggal di lantai VII mempunyai kemungkinan untuk mengalami SBS 5,625 kali dibandingkan orangorang yang tinggal di lantai I.

Saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna gedung, maka perlu pengaturan sistem ventilasi ruangan khususnya suhu ruangan dan kelembaban udara sesuai dengan suhu dan kelembaban ideal dalam ruang, perlu dilakukan pembukaan jendela-jendela minimal satu minggu sekali, perlunya adanya pembersihan AC secara rutin minimal satu bulan sekali, pengukuran kualitas fisik, kimia dan mikrobiologi udara secara berkala minimal 3 bulan sekali dan untuk penelitian lebih lanjut perlu dilakukan pengambilan sampel lebih banyak agar kekuatan tes lebih baik.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi