Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

455. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Asi Dengan Pemberian Kolostrum Dan Asi Eksklusif Di Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan


SARI

Upaya pelayanan kesehatan ibu dan anak merupakan modal perwujudan kesejahteraan keluarga terutama dalam perbaikan gizi. Untuk kelompok bayi antara lain ditempuh melalui program pemberian ASI yang tepat dan sesuai dengan perkembangan fisiologis bayi, yaitu dengan pemberian kolostrum dan ASI eksklusif pada bayi sampai usia 4 bulan atau yang paling lama 6 bulan. Adakah hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang ASI dengan pemberian kolostrum dan ASI eksklusif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang ASI dengan pemberian kolostrum dan ASI eksklusif dan keeratan hubungannya.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai bayi berusia 4-6 bulan di Kelurahan Purwoyoso. Sampelnya sebanyak 32 ibu yang memenuhi kriteria tertentu, diambil secara Purposive Sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner, untuk wawancara secara langsung dengan responden. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan Chi Square Test, sedangkan untuk melihat keeratan hubungan dengan Contingency Coefficient.

Hasilnya adalah bahwa ada hubungan yang cukup kuat antara pengetahuan ibu tentang ASI dengan pemberian kolostrum, dengan P value sebesar 13,014 dan nilai Contingency Coefficient sebesar 0,538 (berada pada rentang 0,40-0,59). Juga ada hubungan yang cukup kuat antara pengetahuan ibu tentang ASI dengan pemberian ASI eksklusif, dengan P value sebesar 10,473 dan nilai Contingency Coefficient sebesar 0,497 (berada pada rentang 0,40-0,59). Ini membuktikan adanya hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu tentang ASI dengan pemberian kolostrum dan ASI eksklusif.

Dalam penelitian ini, untuk meningkatkan pemberian ASI eksklusif secara tepat dan sesuai maka promosi sosialisasi tentang ASI yang menyangkut pemberian kolostrum dan ASI eksklusif perlu digalakkan dan ditingkatkan oleh petugas kesehatan untuk memotivasi ibu-ibu atau calon ibu yang akan melahirkan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi