Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

245. Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Untuk Materi Pokok Bilangan Pecahan


ABSTRAK

Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran matematika perlu dicarikan upaya-upaya yang tepat dan efektif serta efesian. Salah satu upayanya adalah pemilihan model pembelajaran yang lebih menekankan pada aktivitas belajar siswa dan bukan pada aktivitas mengajar guru. Ada beberapa model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam materi pokok bilangan pecahan, model pembelajaran kooperatif tipe TAI ini dapat meningkat prestasi belajar serta siswa lebih aktif untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah.
Dalam penelitian ini, masalah-masalah yang dikaji meliputi : 1) hasil belajar siswa kelas IV MI Raudlatul Ulum Banjar Barat Gapura Sumenep tahun pelajaran 2009/2010 melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk materi pokok bilangan pecahan, dan 2) aktifitas guru dan siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk materi pokok bilangan pecahan di kelas IV MI Raudlatul Ulum Banjar Barat Gapura Sumenep tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV MI Raudlatul Ulum Banjar Barat Gapura Sumenep tahun pelajaran 2009/2010 melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk materi pokok bilangan pecahan, dan 2) mendeskripsikan aktifitas guru dan siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk materi pokok bilangan pecahan di kelas IV MI Raudlatul Ulum Banjar Barat Gapura Sumenep tahun pelajaran 2009/2010.

Waktu penelitian dilasanakan mulai tanggal 3 s/d 24 Mei 2010 di kelas IV MI Raudlatul Ulum Banjar Barat Gapura Sumenep. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes prestasi belajar dan observasi. Untuk penyajian data disajikan dalam bentuk tabel agar lebih mudah untuk dibaca dengan teknik analisa diskriptif.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi